Wahyudi, Iqbal and Hadi, Sudharto P. and Shinta Dewi, Reni (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi TerhadapKeputusan Pembelian ( Studi Kasus pada Tombo Coffe di Kabupaten Batang) /14/Adbis/2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
Cover.pdf - Published Version Download (452kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (573kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Download (137kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (572kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (154kB) |
Abstract
Pertumbuhan bisnis kedai kopi dalam beberapa tahun terakhir mengalamipeningkatan yang signifikan, hal ini dapat diamati dari banyaknya kedai kopi baru disudut kota termasuk di Kabupaten Batang. Hal ini menyebabkan para pemilik kedai kopi berusaha untuk memenangkan persaingan. Usaha untuk memenangkan ini salah satunya adalah dengan melihat tingkat keputusan pembelian konsumennya, keputusan pembelian dalam penelitian ini akan dipengaruhi kualitas pelayanan dan lokasi dari sebuah kedai berdiri. Tombo Coffe yang telah berdiri jauh sebelum trendkopi setinggi saat ini telah mengalami masa penjualan yang cukup tinggi namun kemudian ditahun 2019 terjadi penurunan penjualan tahunan hingga tahun 2020 ketika coffe shop baru mulai bermunculan di pusat kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen Tombo Coffe Batang.
Tipe penelitian ini adalah explanatory research dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner secara langsung kepada responden yang memenuhi kriteria di kedai Tombo Coffe. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dengan menggunakan aplikasi olah data yakni SPSS. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Tombo Coffe.
Adapun saran yang dapat diberikan kepada pengelola Tombo Coffe pada aspek kualitas pelayanan adalah memperbaiki kerapian karyawan dengan menambahkan apron, meningkatkan kecepatan proses pembuatan pesanan, serta menempatkan nomor meja di meja pelanggan. Pada aspek lokasi perlu membuka kembali lahan parkir yang telah tersedia sebelumnya, melakukan promosi secara daring untuk menarik minat konsumen, serta memasang papan penunjuk arah sejak dari jalan raya utama bandar dan memasang mmt kain melintang diatas jalan desa agar lebih terlihat dari kejauhan.
Kata Kunci : Kualitas pelayanan, Lokasi, Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 01:48 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 01:48 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11798 |
Actions (login required)
View Item |