Masykur, Fajar and Saryadi, Saryadi and Widiartanto, Widiartanto (2022) PENGARUH DESTINATION IMAGE DAN FASILITAS WISATA TERHADAP REVISIT INTENTION (Studi Pada Pengunjung Wisata Alam Seroja di Kabupaten Wonosobo)/18/ADM.BISNIS/2022. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Text
COVER.pdf - Published Version Download (476kB) |
|
Text
BAB 1.pdf - Published Version Download (591kB) |
|
Text
BAB 2.pdf - Published Version Download (930kB) |
|
Text
BAB 3.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (722kB) |
|
Text
BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (141kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pariwisata merupakan sektor yang sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi nasional, hal tersebut dikarenakan sektor ini memiliki sumbangan yang besar terhadap PDB, cadangan devisa negara, serta memberikan lapangan pekerjaan yang luas bagi masyarakat. Seperti halnya terjadi pada objek wisata yang ada di Desa Tlogo, Kecamatan Garung, Wonosobo yaitu Wisata Alam Seroja. Adanya objek wisata ini memberikan banyak sekali pengaruh bagi masyarakat di Desa Tlogo. Berdasarkan data kunjungan wisatawan mulai dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2020 Wisata Alam Seroja mengalami tingkat kunjungan yang sangat fluktuatif, terlebih lagi di tahun 202o mengalami penurunan yang sangat drastis akibat adanya pandemi Covid-19.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh antara destination image dan fasilitas wisata terhadap revisit intention pada pengunjung Wisata Alam Seroja. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dengan teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling, snowball sampling, purposive sampling, dan accidental sampling. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dibagi menjadi 2 yaitu dengan cara online dan offline (secara langsung). Metode online dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner menggunakan social media, sedangkan metode offline dilakukan secara langsung melalui wawancara dengan responden. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 100 pengunjung Wisata Alam Seroja.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa destination image dan fasilitas wisata berpengaruh positif baik secara parsial ataupun simultan terhadap revisit intention, dimana ketika bersama-sama destination image memiliki pengaruh paling besar. Secara parsial destination image menyumbang 54,4% dan fasilitas wisata sebesar 34,3% terhadap revisit intention. Sedangkan secara simultan destination image dan fasilitas wisata menyumbang sebesar 54,6% terhadap revisit intention.
Berdasarkan hasil tersebut maka disarakan agar Wisata Alam Seroja dapat memperbaiki terlebih dahulu citra atau image yang dimiliki sehingga dapat menarik perhatian para wisatawan untuk berkunjung
Kata kunci : Destination Image, Fasilitas Wisata, Revisit Intention
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 04:19 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 04:19 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10978 |
Actions (login required)
View Item |