Search for collections on Undip Repository

PROSES INOVASI PELAYANAN PERIZINAN MELALUI SI-IMUT (SISTEM IZIN INVESTASI MUDAH DAN TERPADU) DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KOTA SEMARANG/21/ADM.PUBLIK/2021

Utami, Sella Ninda and Hariani, Dyah and Sulandari, Susi (2021) PROSES INOVASI PELAYANAN PERIZINAN MELALUI SI-IMUT (SISTEM IZIN INVESTASI MUDAH DAN TERPADU) DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KOTA SEMARANG/21/ADM.PUBLIK/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (553kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (886kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (839kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (229kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan hadirnya teknologi serta meningkatnya kebutuhan masyarakat, pemerintah Kota Semarang khususnya DPMPTSP menciptakan inovasi dalam pemberian layanan perizinan berupa aplikasi Si-Imut. Aplikasi Si-Imut merupakan digitalisasi urusan perizinan dengan melayani integrate system, online system, digital signature (tanda tangan digital), dan mobile system. Inovasi merupakan seluruh proses menciptakan dan menawarkan hal baru yang ditemukan. Inovasi Si-Imut tidak serta-merta diterapkan, akan tetapi membutuhkan proses tertentu. Pada proses penerapan inovasi dijumpai sejumlah hambatan seperti penolakan terhadap inovasi, hambatan administratif berupa pengurusan surat rekomendasi izin dan ketidaklengkapan dokumen izin yang diunggah masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses inovasi pelayanan perizinan melalui Si-Imut dan untuk mengetahui faktor pendukung serta penghambat proses inovasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara dengan beberapa informan yang dipilih secara purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses inovasi Si-Imut yaitu tahap inisiasi yang terdiri dari langkah pengetahuan dan penyadaran, langkah pembentukan sikap, langkah penerimaaninovasi serta tahap implementasi yang terdiri dari langkah awal implementasi dan langkah keberlanjutan inovasi. Faktor pendorong proses inovasi Si-Imut yaitu adanya keinginan untuk berubah, adanya dukungan sarana dan prasarana, adanya dukungan pihak yang terlibat dan bertanggungjawab, adanya kebebasan untuk berekspresi, dan kondisi lingkungan yang harmonis. Faktor penghambat proses inovasi Si-Imut yaitu bergantung pada salah satu pihak berkinerja tinggi, tidak ada penghargaan, serta adanya tekanan dan hambatan administratif.

Kata Kunci: Proses Inovasi, Pelayanan Publik, Si-Imut

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:21
Last Modified: 30 Dec 2022 02:21
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10753

Actions (login required)

View Item View Item