Search for collections on Undip Repository

INOVASI PELAYANAN SUPERONE (SURAT PENGANTAR ONLINE) KECAMATAN CANDISARI KOTA SEMARANG/99/ADM.PUBLIK/2020

TIARANIKA, USY and Maesaroh, Maesaroh (2020) INOVASI PELAYANAN SUPERONE (SURAT PENGANTAR ONLINE) KECAMATAN CANDISARI KOTA SEMARANG/99/ADM.PUBLIK/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (362kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (377kB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (535kB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
Bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (50kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Selama ini dalampelaksanaan pelayanan publik banyak sekali tantangan dan hambatan yang dihadapi oleh pemerintah. Munculnya persoalan-persoalan pelayanan publik harus segera diselesaikan guna untuk menciptakan good governancedengan menerapkan E-Government . Berdasarkan Peraturan Walikota Semarang, Kecamatan Candisari dalam hal ini turut menjalankan standar Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) dengan membuat sebuah inovasi dalam wujud surat pengantar online melalui aplikasi yang dinamakan SUPERONE agar tercapainya sistem pelayanan yang cepat, efektif dan efisien berbasis online. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menganalisis bagaimana inovasi aplikasi SUPERONE di Kecamatan Candisari Kota Semarang dan mengetahui faktor penghambat inovasi aplikasi SUPERONE di Kecamatan Candisari Kota Semarang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian ini yakni Aplikasi SUPERONE dapat menyelesaikan persoalan pelayanan publik namun dalam prakteknya muncul hambatan yaknimasih banyak masyarakat yang belum tahu mengenai aplikasi SUPERONE, kurangnya pengetahuan masyarakat dalam mendukung proyek perubahan ini, kurang maksimalnya penggunaan smartphone pada masyarakat dalam pengurusan pelayanan administrasi, kurangnya kualitas dan kuantitas SDM teknis pelayanan dalam memberikan pelayanan, tidak adanya aplikasi mobile (android) yang mendukung dalam pelayanan administrasi.

Kata Kunci: Inovasi, Pelayanan Publik E-Government

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 29 Dec 2022 01:49
Last Modified: 29 Dec 2022 01:49
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10683

Actions (login required)

View Item View Item