Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KOMIK DIGITAL DI INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KAMPANYE POLITIK PASANGAN JOKOWI-AMIN TERHADAP ORIENTASI POLITIK KAUM MILENIAL /33/PEM/2020

ASTARIA, ARIN RISKI and Fitriyah, Fitriyah (2020) PENGARUH KOMIK DIGITAL DI INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KAMPANYE POLITIK PASANGAN JOKOWI-AMIN TERHADAP ORIENTASI POLITIK KAUM MILENIAL /33/PEM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemilihan Presiden 2019 kembali diramaikan oleh wajah lama, yaitu Joko Widodo dan Prabowo. Perbedaan yang mencolok ialah pada periode ini, terdapat “komoditas” baru calon pemilih, yaitu kelompok kaum milenial yang rentang usianya 17-34 tahun. Keunuikan karakteristik kelompok inimenuntutmasing-masing tim kampanye untuk menciptakan inovasi dalam berkampanye agar dapat meraih suara para pemilih milenial. Inovasi yang menarik bagi peneliti adalah penggunaan komik digital sebagai media kampanye di Instagram oleh tim kampanye Jokowi-Amin. Lebih spesifiknya, peneliti ingin meneliti pengaruh komik digital sebagai media kampanye terhadap orientasi politik pemilih milenial dengan meliputi aspek orientasi kognitif, afektif, dan evaluatif.
Peneliti menggunakan metode penelitian berupa metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden dengan kriteria yang telah ditetapkan. Selain itu, teknik analisis yang digunakan oleh peneliti adalah Uji Product Moment dan Uji Regresi Linier Sederhana dengan pembahasan menggunakan teori orientasi politik milik Almond dan teori komunikasi politik milik Lasswell.
Hasil penelitian ini adalah kualitas komik kampanye yang dipublikasikan cukup baik dan berpengaruh terhadap orientasi politik pemilih milenial dengan aspek orientasi politik yang paling dipengaruhi adalah orientasi evaluatif berupa penilaian, aspek orientasi politik paling dipengaruhi kedua adalah orientasi kognitif berupa pengetahuan dan yang paling sedikit dipengaruhi adalah orientasi afektif serta sifat orientasi politik yang dihasilkan adalah orientasi positif dengan korelasi antar variabel kuat dan dapat diandalkan dengan r hitung = 0,770 dan signifikansi = 0,000. Pengaruh yang dihasilkan oleh komik kampanye terhadap orientasi politik milenial sebesar 59,3% dan apabila kualitas komik ditambahkan 1%, maka nilai orientasi politik kaum milenial akan bertambah sebanyak 1,753.
Peneliti berharap di penelitian selanjutnya dapat diteliti dengan skala besar dan responden lebih banyak sehingga dapat mewakili populasi dan juga dilanjutkan pada perilaku politiknya agar hasil penelitian semakin jelas dan terarah.

Kata Kunci: Orientasi Politik, Komik Digital, Kaum Milenial, Pemilihan Presiden, Kampanye Politik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: Users 162 not found.
Date Deposited: 09 Dec 2022 00:56
Last Modified: 09 Dec 2022 00:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9992

Actions (login required)

View Item View Item