Search for collections on Undip Repository

Studi Komparasi Perkembangan Bahasa pada Anak Prasekolah dengan Ibu yang Bekerja dibandingkan Ibu yang Tidak Bekerj

Susiani, Imelda Myra (2022) Studi Komparasi Perkembangan Bahasa pada Anak Prasekolah dengan Ibu yang Bekerja dibandingkan Ibu yang Tidak Bekerj. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Imelda Myra Susiani_22020118130083_Skripsi Penelitian-72-114.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img] Text
Imelda Myra Susiani_22020118130083_Skripsi Penelitian-1.pdf

Download (99kB)
[img] Text
Imelda Myra Susiani_22020118130083_Skripsi Penelitian-4-5.pdf

Download (136kB)
[img] Text
Imelda Myra Susiani_22020118130083_Skripsi Penelitian-15-16.pdf

Download (138kB)
[img] Text
Imelda Myra Susiani_22020118130083_Skripsi Penelitian-17-26.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
Imelda Myra Susiani_22020118130083_Skripsi Penelitian-27-47.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
Imelda Myra Susiani_22020118130083_Skripsi Penelitian-48-71.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)

Abstract

Anak prasekolah memiliki periode emas, dimana stimulasi pada seluruh indikator
perkembangan berperan penting dalam tugas perkembangan selanjutnya. Gangguan
bahasa dapat terjadi apabila tugas perkembangan tidak terpenuhi. Salah satu faktor
yang mempengaruhi perkembangan bahasa anak adalah status pekerjaan ibu. Tujuan
penelitian adalah menganalisis perbandingan perkembangan bahasa anak prasekolah
dengan ibu yang bekerja dibandingkan ibu yang tidak bekerja. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif komparatif.
Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling sebanyak 67 anak di TK
ABA Rewulu Kulon, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengambilan data menggunakan
kuesioer perkembangan bahasa anak prasekolah. Analisis bivariat menggunakan uji
independent sample t-test yang sudah diuji normalitas dan uji homogenitas. Hasil
penelitian menunjukkan anak pada ibu yang bekerja didominasi perkembangan
bahasa meragukan sebanyak 54.5% dan anak pada ibu yang tidak bekerja didominasi
perkembangan bahasa sesuai sebanyak 67.6%. Hasil uji independent sample t-test
sebesar 0.030 < 0.05, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara
perkembangan bahasa anak prasekolah dengan ibu yang bekerja dan ibu yang tidak
bekerja di TK ABA Rewulu Kulon. Diharapkan bagi orang tua, khususnya ibu, untuk
dapat mengatur waktunya dalam memberikan stimulasi perkembangan bahasa yang
maksimal kepada anak sesuai dengan tahapan usianya.
Kata Kunci : Anak Prasekolah, Status Pekerjaan Ibu, Perkembangan Bahasa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nursing
Depositing User: Nisnaeni_ N_ Keperawatan_FK
Date Deposited: 21 Nov 2022 08:07
Last Modified: 21 Nov 2022 08:07
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9773

Actions (login required)

View Item View Item