Triana, Aldila Latifa and Yuwanto, Yuwanto (2020) PERSEPSI PEGAWAI PEMERINTAH KOTA SEMARANG TERHADAP PENERAPAN APLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN BERBASIS TEKNOLOGI (SIMPATIK) /27/PEM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Full text not available from this repository.Abstract
Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Berbasis Teknologi yang kemudian disebut Simpatik merupakan suatu program yang bertujuan memberikan kemudahan kepada pegawai Pemerintah Kota Semarang untuk mengurus kebutuhan pelayanan kepegawaian. Aplikasi ini merupakan pembaruan dari aplikasi layanan kepegawaian sebelumnya yang kemudian saling disinkronkan dengan menerapkan teknologi Single Sign On (SSO) sehingga saling terintegrasi, selain itu terdapat juga beberapa inovasi layanan kepegawaian baru yang terdapat di dalam aplikasi Simpatik. Hal yang menjadi fokus utama penelitian ini yaitu konteks dari persepsi pegawai Sekretariat Daerah Kota Semarang terkait pelaksanaan aplikasi Simpatik sebagai basis layanan kepegawaian serta faktor pendukung dan faktor penghambat terbentuknya persepsi pegawai dalam menggunakan aplikasi Simpatik. Pendekatan penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling kemudian diperoleh responden berjumlah 149 dari 237 populasi sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumen. Dari penelitian ini dijelaskan bahwa Pegawai Sekretariat Daerah Kota Semarang telah memiliki persepsi yang baik terhadap penerapan aplikasi Simpatik untuk pelayanan kepegawaian. Hal ini di dukung dengan hasil penelitian yang sebagian besar pegawai memiliki persepsi dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 54,4%. Jika ditinjau dari indikator pegetahuan pegawai masuk dalam kategori sangat tinggi yaitu sebesar 73,8%. Jika ditinjau dari pengalaman pegawai selama menggunakan aplikasi Simpatik, sebagian besar memiliki persepsi yang tinggi dengan persentase sebesar 44,3%. Kemudian, persepsi pegawai jika ditinjau dari motivasi, masuk ke dalam kategori cukup dengan persentase sebesar 33,6%. Kemudian berdasarkan indikator evaluasi masuk dalam kategori sangat tinggi yaitu sebesar 48,3%. Persepsi pegawai Sekretariat Daerah Kota Semarang terbentuk karena adanya faktor internal dari individu pegawai yaitu berdasarkan pengetahuan, pengalaman, motivasi dan evaluasi yang dimiliki oleh pegawai. Sedangkan faktor eksternal terbentuk karena adanya pengaruh dari lingkungan luar individu.
Kata Kunci: Persepsi Pegawai, Pelayanan Kepegawaian, Aplikasi Simpatik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science |
Depositing User: | Users 162 not found. |
Date Deposited: | 31 Oct 2022 07:10 |
Last Modified: | 31 Oct 2022 07:10 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9548 |
Actions (login required)
View Item |