Search for collections on Undip Repository

MEDIA DAN POLITIK : STRATEGI KAMPANYE PARTAI PERINDO DAN PSI DALAM MEMPENGARUHI SUARA PEMILIH DI KOTA SEMARANG / 15/PEM/2020

Sultoni, Ken Bimo and Harsasto, Priyatno (2020) MEDIA DAN POLITIK : STRATEGI KAMPANYE PARTAI PERINDO DAN PSI DALAM MEMPENGARUHI SUARA PEMILIH DI KOTA SEMARANG / 15/PEM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (294kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (611kB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (659kB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Published Version

Download (798kB)

Abstract

Media hari ini bukan lagi hanya menjadi alat pembawa pesan dari komunikan kepada komunikator satu arah yang berifat kaku dan pasif, akan tetapi telah menjadi alat yang sangat diunggulkan dalam memenangkan sebuah kontestasi politik untuk mempengaruhi suara pemilih. Hakikatnya relasi antara media dan proses politik bersifat dialektis, dimana terjadi aksi dan reaksi. Media melaporkan dan menganalisis aktivitas politik, sebaliknya juga menjadi bagian dari proses politik, karena dengan media para aktor politik dapat mengetahui kebutuhan khalayak serta menyampaikan pesan politiknya kepada khalayak.
Dalam Pemilihan umum yang lalu muncul beberapa partai baru yang diantaranya menggunakan kekuatan media sebagai bagian dari strtaegi kampanyenya untuk menarik suara pemilih yaitu Partai Persatuan Indonesia atau Perindo dan juga Partai Solidaritas Indonesia atau PSI. Dua partai ini sama-sama mengusung kekuatan media akan tetapi disisi lain mendapatkan hasil yang berbeda antara satu sama lainnya. Contohnya adalah keunggulan PSI dibandingkan Perindo dalam mendapatkan perolehan dua kursi di DPRD Kab/Kota tingkat Kota Semarang, meskipun sama-sama menggunakan media sebagai bagian dari strategi kampanye.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan Studi komparatif. Metode ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan memahami suatu gejala sentral serta membandingkan suatu fenomena untuk mendapatkan jawaban secara mendasar tentang sebab-akibat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Wawancara, telaah dokumen dan pustaka. Informan dalam penelitian ini adalah Ketua Dewan Pimpinan Daerah PSI Kota Semarang, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Perindo Kota Semarang, Pengamat Politik dan beberapa Masyarakat Kota Semarang.
Perbedaan hasil yang didapat dari kedua partai yang sama-sama aktif menggunakan media inilah yang mempengaruhi penulis untuk mencoba mengangkat kasus ini sebagai bagian dari topik utama dalam kajian kepenulisan ini. Penulis mencoba mencari tahu apa yang menyebabkan perbedaan itu dapat terjadi dan mengapa hal itu dapat terjadi. Kepenulisan ini juga mencoba membuktikan suatu studi kasus yang menunjukan bahwa media khususnya media sosial tidak serta merta meningkatkan perolehan suara yang didapatkan saat pemilihan umum secara langsung.

Kata Kunci: Media dan Politik, Kampanye Politik Digital, Pemilihan Umum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 31 Oct 2022 03:42
Last Modified: 31 Oct 2022 03:42
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9530

Actions (login required)

View Item View Item