Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Terpaan Youtube Series “Pensi Netflix” dan Persepsi Pemasaran Interaktif di Twitter terhadap Keputusan Pembelian Layanan Subscriptions Video-On-Demand (SVOD) Netflix /60/KOM/2021

Stephanie T., Yuan and Setyabudi, Djoko and Pradekso, Tandiyo (2021) Pengaruh Terpaan Youtube Series “Pensi Netflix” dan Persepsi Pemasaran Interaktif di Twitter terhadap Keputusan Pembelian Layanan Subscriptions Video-On-Demand (SVOD) Netflix /60/KOM/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (518kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (422kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (88kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (381kB)

Abstract

Walaupun Netflix telah menjadi pionir layanan SVOD di Indonesia, laporan yang
dikeluarkan oleh Media Partners Asia (MPA) per Januari 2021 menunjukkan
Netflix masih berada di posisi keempat dengan total 850.000
pelanggan setelah Disney+ Hostar dengan 2.5 juta pelanggan, Viu 1.5 juta
pelanggan, dan Vidio 1.1 juta pelanggan. Hal ini berbanding terbalik dengan usaha
Netflix yang telah menggencarkan strategi komunikasi pemasaran berupa
YouTube series dan pemasaran interaktif di Twitter.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan YouTube series
“Pensi Netflix” dan persepsi pemasaran interaktif di Twitter terhadap keputusan
pembelian layanan subscriptions video-on-demand (SVOD) Netflix. Penelitian ini
menggunakan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatori. Populasi
pada penelitian ini adalah individu berusia minimal 18 tahun, merupakan
followers Twitter akun @NetflixID, dan pernah mendapatkan terpaan YouTube
series yang diunggah melalui YouTube milik Netflix Indonesia dalam enam bulan
terakhir. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sample nonprobabililty
dengan
jumlah
responden
50
orang.
Teknik
pengambilan
sampel
yang

digunakan

pada penelitian ini yaitu nonprobability sampling dengan teknik
accidental sampling. Teori yang digunakan adalah Cognitive Response Theory
dan Elaboration Likelihood Model.
Hasil uji hipotesis dengan menggunakan analisis uji regresi linear sederhana
menunjukkan bahwa penelitian tidak signifikan atau tidak ada pengaruh antara
variabel X1 (terpaan YouTube series) terhadap Y (keputusan pembelian) dengan
nilai signifikansi sebesar 0.155. Kemudian, berdasarkan hasil uji H2 dengan
menggunakan analisis regresi linear sederhana, diperoleh nilai signifikansi
sebesar 0,135 yang berarti tidak signifikan antara variabel X2 (persepsi pemasaran
interaktif) terhadap Y (keputusan pembelian).
Kata Kunci: Terpaan YouTube Series, Persepsi Pemasaran Interaktif,
Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 07 Oct 2022 03:39
Last Modified: 07 Oct 2022 03:39
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9161

Actions (login required)

View Item View Item