Search for collections on Undip Repository

Hubungan Intensitas Mengakses Instagram Ajaib dan Daya Tarik Brand Ambassador Ajaib dengan Minat Menggunakan Ajaib sebagai Aplikasi Investasi Online /46/KOM/2021

Cahyaningtyas, Yulia Krisanti and Setyabudi, Djoko and Manalu, S.Rouli (2021) Hubungan Intensitas Mengakses Instagram Ajaib dan Daya Tarik Brand Ambassador Ajaib dengan Minat Menggunakan Ajaib sebagai Aplikasi Investasi Online /46/KOM/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (395kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (825kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (39kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (146kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas mengakses
Instagram Ajaib dan daya tarik brand ambassador Ajaib dengan minat
menggunakan Ajaib sebagai aplikasi investasi online. COVID-19 membawa
dampak pada beragam sektor, salah satunya adalah sektor ekonomi. Investor pasar
modal Indonesia meningkat 56% selama tahun 2020. Hal ini didukung oleh
kemunculan beragam aplikasi investasi online di Indonesia yang mudah diakses.
Walaupun investasi merupakan keputusan besar (high involvement product),
perusahaan saat ini berusaha melakukan pendekatan low invlovement product yang
lebih akrab dengan generasi milenial dan generasi Z, yakni melalui media sosial
dan penggunaan brand ambassador yang dekat dengan target pasar. Namun, Ajaib
masih belum berhasil menjadi pilihan utama dari aplikasi investasi online di
Indonesia.
Hasil penelitian menunjukkan intensitas mengakses Instagram Ajaib
dengan minat menggunakan Ajaib sebagai aplikasi investasi online memiliki nilai
signifikan sebesar 0.000 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0.281, hasil yang
sangat signifikan, kekuatan hubungan antar variabel cukup, dan memiliki hubungan
searah. Daya tarik brand ambassador Ajaib dengan minat menggunakan Ajaib
sebagai aplikasi investasi online memiliki nilai signifikansi sebesar 0.038 dan nilai
koefisien korelasi sebesar 0.154, hasilnya signifikan, kekuatan hubungan antar
variabel sangat lemah, dan memiliki hubungan searah. The Theory of Reasoned
Action dan Source Attractiveness Model berlaku dalam penelitian ini. Hasil
penelitian menunjukkan pentingnya media sosial dalam perilaku belanja dan
pembelian konsumen, sehingga perlu diperhatikan kualitas konten yang
disampaikan. Penelitian ini juga membantu mengukur keberhasilan daya tarik
brand ambassador dengan minat menggunakan aplikasi. Penelitian dibatasi oleh
rentang usia dan domisili yang terbatas, sehingga dapat diperluas untuk penelitian
selanjutnya. Penelitian selanjutnya juga dapat menggunakan variabel lain dari
stratergi pemasaran Ajaib maupun produk lainnya.

Kata Kunci : Intensitas Mengakses Instagram, Daya Tarik Brand Ambassador,
Minat Menggunakan, Aplikasi Investasi Ajaib

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 06 Oct 2022 06:34
Last Modified: 06 Oct 2022 06:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9111

Actions (login required)

View Item View Item