Aulia, Nadya Rahma and Santoso, Hedi Pudjo (2021) PENGALAMAN KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN ANAK AUTIS DALAM MENDAMPINGI BELAJAR DI RUMAH SELAMA PANDEMI COVID-19 /22/KOM/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Text
COVER.pdf - Published Version Download (681kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (456kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Download (208kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (433kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (409kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (679kB) |
Abstract
Perbedaan pemahaman antara orang tua dengan anak autis muncul karena keterbatasan kemampuan anak autis dalam memahami dan menggunakan simbol-simbol komunikasi baik verbal maupun nonverbal. Perbedaan kemampuan ini menyebabkan adanya hambatan dalam komunikasi. Efek dari pandemic covid-19 menyebabkan anak autis dan orang tua mengalami tantangan dalam melaksanakan pembelajaran di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola komunikasi, pengalaman komunikasi, dan hambatan komunikasi yang dialami orang tua dengan anak autis dalam mendampingi belajar di rumah selama pandemic covid-19. Penelitian ini menggunakan landasan Teori Adaptasi Interaksi oleh Judee Burgoon. Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam yang melibatkan empat orangtua yang memiliki anak autis pada level pendidikan Sekolah Dasar.Hasil penelitian ini menunjukkan, pola komunikasi yang tercipta diantara orang tua dengan anak autis merupakan pola komunikasi sebagai interaksi dimana orang tua mendominasi peran sebagai pengirim pesan dan anak autis cenderung berperan sebagai penerima pesan. Orang tua berperan sebagai fasilitator dalam mendampingi anak belajar di rumah. orang tua menjelaskan materi dengan metode penyampaian yang mudah dipahami oleh anak autis. Informan Ibu cenderung lebih pasif dalam mengikuti kemauan anak untuk belajar di rumah. Sedangkan, informan Ayah lebih bersemangat dan teliti dalam mendampingi anak belajar di rumah dengan mencarikan solusi jika anak mengalami kesulitan. Dalam berkomunikasi dan berinteraksi, anak autis mengalami hambatan psikologis yang berasal dari emosi yang membuatnya sulit berkonsentrasi sehingga sulit untuk menerima pesan yang disampaikan oleh orang tua.
Kata Kunci :pengalaman komunikasi,autis, covid-19
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 04 Oct 2022 08:11 |
Last Modified: | 04 Oct 2022 08:14 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9021 |
Actions (login required)
View Item |