Search for collections on Undip Repository

Efektivitas Intensitas Event Marketing LINE Webtoon dan Terpaan Iklan Produk pada akun Instagram @linewebtoon.id dalam Keputusan Pembelian Koin di LINE Webtoon /21/KOM/2022

Insan, Andina Mutiara and Santoso, Hedi Pudjo and Yusriana, Amida (2021) Efektivitas Intensitas Event Marketing LINE Webtoon dan Terpaan Iklan Produk pada akun Instagram @linewebtoon.id dalam Keputusan Pembelian Koin di LINE Webtoon /21/KOM/2022. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (868kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (794kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (935kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
7. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text
8. Lampiran.pdf - Published Version

Download (266kB)

Abstract

LINE Webtoon melakukan berbagai macam promosi untuk mempromosikan produknya dan dengan intensitas yang cukup sering, salah satunya yaitu event marketing dan iklan produk organik di Instagram. Jika dibandingkan dengan webtoon U.S dan Taiwan, event yang dilakukan mereka jaraknya tidak lebih sering dan jumlahnya tidak lebih banyak dari yang dilakukan di Indonesia.Selanjutnya, webtoon U.S dan Taiwan juga sangat jarang mengiklankan produk komik mereka secara organik pada akun Instagram. Namun, pada kenyataannya jumlah pembaca episode berbayar pada LINE Webtoon Indonesia tidak stabil jika dibandingkan dengan negara lain, webtoon U.S dan Taiwan memiliki pembaca episode berbayar yang lebih stabil.Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas intensitas event marketing LINE Webtoon dan terpaan iklan produk pada akun instagram @linewebtoon.id dalam keputusan pembelian koin di LINE Webtoon.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Elaboration Likelihood Model dan Strong Advertising. Untuk menentukan sampel, penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling. Jumlah sampel yang diteliti berjumlah 50 orang dengan karakteristik wanita atau pria dengan usia 18 – 25 tahun yang menggunakan LINE Webtoon, mengikuti akun instagram @linewebtoon.id, dan pernah melakukan pembelian koin di LINE Webtoon dalam 6 bulan terakhir).
Hasil penelitian menunjukkan efektivitas intensitas event marketing dalam keputusan pembelian memilikinilai signifikansi sebesar 0,015 yang dapat diartikan signifikan, koefisien korelasi sebesar 0,251 yang berarti memiliki keeratan yang lema dan uji korelasi ini memiliki arah hubungan yang positif. Selanjutnya, efektivitas terpaan iklan produk dalam keputusan pembelian memiliki nilai signifikansi sebesar 0,440 yang dapat diartikan tidak signifikan.
Kata Kunci: Event Marketing, Terpaan Iklan, Keputusan Pembelian, LINE Webtoon.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 04 Oct 2022 06:29
Last Modified: 04 Oct 2022 06:29
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9007

Actions (login required)

View Item View Item