Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN TERPAAN IKLAN DAN PERSEPSI PADA DAYA TARIKBRAND AMBASSADOR TOKOPEDIA DENGAN MINAT MENGGUNAKAN TOKOPEDIA SEBAGAI SARANA TRANSAKSI BELANJA DARING /07/KOM/2021

Irsyad, Raihana Tazkia and Setyabudi, Djoko and Manalu, S.Rouli (2021) HUBUNGAN TERPAAN IKLAN DAN PERSEPSI PADA DAYA TARIKBRAND AMBASSADOR TOKOPEDIA DENGAN MINAT MENGGUNAKAN TOKOPEDIA SEBAGAI SARANA TRANSAKSI BELANJA DARING /07/KOM/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (823kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (560kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (266kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (587kB)

Abstract

Dibalik gencarnya Tokopedia melakukan strategi pemasaran iklan dengan promo Waktu Indonesia Belanja dan menggandeng boyband asal Korea Selatanbernama BTS, Tokopedia mengalami penurunan pada peringkat pengunjung web dari posisi pertama menjadi kedua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara terpaan iklan dan persepsi pada daya tarik brand ambassador dengan minat menggunakan Tokopedia sebagai sarana transaksi belanja daring.
Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Teori Strong Advertising dan Teori Source Attractiveness. Sampel pada penelitian ini berjumlah 60 orang dengan rentang usia 18 – 34 tahun yang pernah terkena terpaan iklan Tokopedia dan
mengetahui brand ambassador Tokopedia. Sampel ini menggunakan nonprobability sampling dengan teknik pengambilan accidental.
Hasil penelitian menunjukkan terpaan iklan dengan minat menggunakan Tokopedia memiliki nilai signifikansi sebesar 0.071 yaitu melebihi nilai signifikansi 0.05 yang artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa teori Strong Advertising tidak dapat berlaku di penelitian ini
karena beberapa faktor. Sedangkan hasil dari pengujian hipotesis dari persepsi pada daya tarik brand ambassador dengan minat menggunakan Tokopedia memiliki nilai signifikan sebesar 0.000 yaitu kurang dari nilai signifikansi 0.001 artinya
terdapat hubungan yang sangat signifikan. Koefisien korelasi sebesar 0.468 artinya memiliki kekuatan hubungan yang cukup dan positif. Sehingga apabila persepsi pada daya tarik brand ambassador tinggi, maka minat menggunakan Tokopedia
sebagai sarana transaksi belanja daring juga tinggi. Begitu juga dengan sebaliknya. Oleh karena itu, Tokopedia disarankan untuk memaksimalkan promosi brand ambassador dengan daya tarik yang tinggi untuk meningkatkan minat menggunakan Tokopedia. Disarankan untuk penelitian selanjutnya meninjau
variabel lain dari strategi pemasaran Tokopedia.

Kata Kunci: Terpaan Iklan, Persepsi pada Daya Tarik Brand Ambassador, Minat Menggunakan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 30 Sep 2022 02:57
Last Modified: 30 Sep 2022 03:04
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8879

Actions (login required)

View Item View Item