Lestari, Siti Ahmaniar Cahya and Naryoso, Agus (2020) Hubungan Antara Efektivitas Komunikasi Antarpribadi Fasilitator CSR dan Tingkat Kepercayaan Penerima Manfaat dengan Reputasi Perusahaan PT. Indonesia Power Semarang PGU / 55/KOM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Full text not available from this repository.Abstract
Permasalahan komunikasi seperti : misunderstanding, tidak adanya
feedback dan ketidakefektifan sebuah pesan, kerap terjadi saat perusahaan sedang
berkomunikasi ataupun berinteraksi dengan stakeholder terlebih saat menjalankan
program CSR. Permasalahan komunikasi tersebut mengakibatkan salah satu tujuan
CSR tidak dapat tercapai secara maksimal yaitu CSR dapat meningkatkan taraf
hidup masyarakat yang tinggal di wilayah sekitar perusahaan seperti yang terjadi di
Kecamatan Semarang Utara karena memiliki angka kemiskinan tertinggi di Kota
Semarang. Tidak tercapainya tujuan CSR nantinya dapat menyebabkan warga yang
tinggal di sekitar perusahaan memiliki penilaian yang buruk terhadap perusahaan
dan tidak memiliki keyakinan terhadap perusahaan tersebut sehingga
mengakibatkan reputasi buruk terhadap perusahaan , terlebih jika perusahaan
memiliki emisi gas yang berlebih salah satunya yaitu PT. Indonesia Power
Semarang PGU.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara
efektivitas komunikasi antarpribadi yang dilakukan fasilitator CSR perusahaan dan
tingkat kepercayaan penerima manfaat dengan reputasi perusahaan PT. Indonesia
Power Semarang PGU. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang
menggunakan teori efektivitas komunikasi antarpribadi dan Theory of Reasoned
Action (TRA). Sampel penelitian ini adalah Kelompok Binaan PT. Indonesia Power
Semarang PGU yaitu Kelompok Usaha Bersama (KUB) Prima Indosutera di
Kecamatan Semarang Utara.
Berdasarkan hasil penelitian, efektivitas komunikasi antarpribadi dan
tingkat kepercayaan penerima manfaat memiliki hubungan yang sangat signifikan
terhadap reputasi perusahaan. Hal tersebut ditunjunkan melalui nilai signifikansi uji
hipotesis yang dilakukan, semakin efektif komunikasi antarpribadi yang dilakukan
maka reputasi perusahaan semakin baik (positif) dimana hipotesis tersebut
memiliki nilai signifikansi 0,000 ( 0,000 0,01).
Kata Kunci : Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Indonesia Power
Semarang PGU , Komunikasi Antarpribadi dan Reputasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | Users 162 not found. |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 03:51 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 03:51 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8840 |
Actions (login required)
View Item |