Sari, Nurul Avita and Pradekso, Tandiyo (2020) HUBUNGAN TERPAAN IKLAN MIE SEDAAP DAN CITRA MEREK DENGAN MINATBELI PRODUK MIE SEDAAP /37/KOM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu perusahan yang rela mengeluarkan biaya yang besar untuk iklan di televisi
adalah Mie Sedaap. Mie Sedaap termasuk salah satu produsen mie instan di Indonesia yang
berani mengeluarkan belanja iklan dengan nilai hingga ratusan miliar dan mampu
membangun mereknya dengan citra merek yang baik untuk menarik konsumen melakukan
pembelian. Namun pada kenyataannya hal ini tidak mampu membuatnya menjadi posisi
pertama sebagai market leader dalam usaha mie instan bahkan dalam data market share dari
tahun 2016 sampai dengan tahun 2018 menunjukan merek Mie Sedaap mengalami
penurunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu apakah terdapat hubungan
terpaan iklan Mie Sedaap dan citra merek dengan minat beli produk mie sedaap.
Penelitian ini menggunakan tipe penelitian eksplanatory (penjelasan). Populasi
penelitian ini adalah masyarakat Semarang, berjenis kelamin laki-laki dan perempuan dan
rentang 12-60 tahun, dan pernah melihat iklan Mie sedaap di televisi. Sampel yang diambil
dalam penelitian ini adalah 60 responden. Penelitian ini menggunakan alat dan teknik
pengumpulan data dengan cara penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang dipakai
adalah korelasi Kendall tau.
Hasil penelitian menunjukkan terpaan iklan dan citra merk Mie Sedaap mempunyai
hubungan positif dengan minat beli konsumen. Saran yang diberikan adalah Mie Sedaap
sebaiknya dapat meningkatkan frekuensi iklannya pada jam-jam yang premier seperti pada
pukul 18.00-19.00 dan meningkatkan posisi brand nya dengan menggunakan desain kemasan
yang lebih terkesan premium.
Kata kunci : terpaan iklan, citra merk, minat beli
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Master Program in Communication Science |
Depositing User: | Users 162 not found. |
Date Deposited: | 28 Sep 2022 07:28 |
Last Modified: | 28 Sep 2022 07:28 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8800 |
Actions (login required)
View Item |