Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN TERPAAN IKLAN MIE SEDAAP DAN CITRA MEREK DENGAN MINATBELI PRODUK MIE SEDAAP /37/KOM/2020

Sari, Nurul Avita and Pradekso, Tandiyo (2020) HUBUNGAN TERPAAN IKLAN MIE SEDAAP DAN CITRA MEREK DENGAN MINATBELI PRODUK MIE SEDAAP /37/KOM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (627kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (283kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (279kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (113kB)

Abstract

Salah satu perusahan yang rela mengeluarkan biaya yang besar untuk iklan di televisi
adalah Mie Sedaap. Mie Sedaap termasuk salah satu produsen mie instan di Indonesia yang
berani mengeluarkan belanja iklan dengan nilai hingga ratusan miliar dan mampu
membangun mereknya dengan citra merek yang baik untuk menarik konsumen melakukan
pembelian. Namun pada kenyataannya hal ini tidak mampu membuatnya menjadi posisi
pertama sebagai market leader dalam usaha mie instan bahkan dalam data market share dari
tahun 2016 sampai dengan tahun 2018 menunjukan merek Mie Sedaap mengalami
penurunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu apakah terdapat hubungan
terpaan iklan Mie Sedaap dan citra merek dengan minat beli produk mie sedaap.

Penelitian ini menggunakan tipe penelitian eksplanatory (penjelasan). Populasi
penelitian ini adalah masyarakat Semarang, berjenis kelamin laki-laki dan perempuan dan
rentang 12-60 tahun, dan pernah melihat iklan Mie sedaap di televisi. Sampel yang diambil
dalam penelitian ini adalah 60 responden. Penelitian ini menggunakan alat dan teknik
pengumpulan data dengan cara penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang dipakai
adalah korelasi Kendall tau.

Hasil penelitian menunjukkan terpaan iklan dan citra merk Mie Sedaap mempunyai
hubungan positif dengan minat beli konsumen. Saran yang diberikan adalah Mie Sedaap
sebaiknya dapat meningkatkan frekuensi iklannya pada jam-jam yang premier seperti pada
pukul 18.00-19.00 dan meningkatkan posisi brand nya dengan menggunakan desain kemasan
yang lebih terkesan premium.

Kata kunci : terpaan iklan, citra merk, minat beli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Master Program in Communication Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 28 Sep 2022 07:28
Last Modified: 28 Sep 2022 07:28
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8800

Actions (login required)

View Item View Item