Search for collections on Undip Repository

KOMUNIKASI PEMASARAN HONDA BIG BIKE ASTRA MOTOR SEMARANG DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENJUALAN /36/KOM/2020

Heningadi, Nurfindra Triembong and Dwiningtyas, Hapsari (2020) KOMUNIKASI PEMASARAN HONDA BIG BIKE ASTRA MOTOR SEMARANG DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENJUALAN /36/KOM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dengan judul Strategi Komunikasi Pemasaran Honda Big Bike Astra Motor
Semarang dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan. Penelitian ini difokuskan pada Strategi
Komunikasi Pemasaran yang telah dilaksanakan pada PT. Astra Motor Semarang pada divisi Honda
Big Bike. Hasil pengumpulan data dan wawancara ditemukan bahwa data penjualan Honda Big
Bike telah terjadi perbedaan naik turunnya pencapaian penjualan tahun 2016, 2017 dan 2018 yang
cukup signifikan. Pada tahun 2016 dicapai penjualan Motor Honda Big Bike sebesar 7 unit
kemudian meningkat tajam pada tahun 2017 yaitu menjadi 32 unit kemudian penjualan turun lagi
pada tahun 2018 menjadi hanya 19 unit.

Faktor pertama yang mempengaruhi pencapaian penjualan motor di tahun 2017 ini adalah promosi
yang gencar baik yang berupa iklan media, personal selling maupun mengadakan pemeran promosi
yang dilakukan setiap bulan di tahun 2017. Faktor kedua ready stok motor honda yang cukup,
sehingga masa tunggu pesanan (indent pembelian) tidak terlalu lama karena konsumen jenis big
bike ini pada umumnya menginginkan pembelian secara tunai. Faktor ketiga adalah harga per
unitnya masih terjangkau untuk masyarakat di Semarang dan Jawa Tengah. Pada Tahun 2018 terjadi
penurunan pencapaian penjualan yang tidak diharapkan yaitu menjadi hanya 19 unit, dari data
informasi yang diperoleh peneliti disebabkan frekwensi promosi event pameran yang berkurang
dibandingkan tahun 2017. Persediaan “ready stock” motor berkurang karena pembatasan regulasi
barang import sehingga, mengakibatkan konsumen yang akan membeli secara tunai membatalkan
rencana pembeliannya. Antusiasme sebagian kalangan masyarakat khususnya di kota-kota besar
terhadap gaya hidup mengendarai motor sport dan Motor Besar penjualan motor besar masih
memiliki peluang yang besar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Divisi Honda Big Bike PT. Astra Motor Semarang sudah
menggunakan teori bauran Promosi yang mempunyai 4 elemen strategi promosi yaitu Periklanan,
Promosi Penjualan, Publisitas, Personal Selling, yang bertujuan untuk meningkatkan volume
penjualan, selain itu untuk pengenalan produk, serta menarik pelanggan dan menanamkan citra
nama baik perusahaan. Dari semua strategi yang telah dijalankan Personal selling adalah salah satu
strategi promosi yang paling dominan tepat dan efektif untuk penjualan speciliaty goods seperti
Honda Big Bike yang memiliki high value.

Kata Kunci: Strategi, Komunikasi Pemasaran, PT. Astra Motor Semarang, gaya hidup,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: Users 162 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2022 07:05
Last Modified: 28 Sep 2022 07:05
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8795

Actions (login required)

View Item View Item