Search for collections on Undip Repository

Hubungan Intensitas Mengakses Postingan Youtube Yoshiolo Dan Intensitas Komunikasi Peergroup Dengan Perilaku Konsumtif di Bidang Fashion Pada Remaja Di Semarang /33/KOM/2020

Putra, Mochamad Aditya and Rakhmad, Wiwid Noor (2020) Hubungan Intensitas Mengakses Postingan Youtube Yoshiolo Dan Intensitas Komunikasi Peergroup Dengan Perilaku Konsumtif di Bidang Fashion Pada Remaja Di Semarang /33/KOM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tingginya tingkat penggunaan youtube untuk melihat video review
hypebeast dapat meningkatkan kecenderungan khalayak untuk berperilaku
konsumtif terhadap barang-barang hypebeast, karena media tersebut berhubungan
dengan pikiran khalayak dalam menerima sebuah informasi atau produk yang
ditampilkannya, salah satunya melalui video review hypebeast di Youtube.
Keinginan seseorang untuk tampil sama dengan apa yang dilihat dari media
tersebut mendorong perilaku konsumtifnya. Keinginan untuk menjadi bagian dari
lingkungan terutama pada peer group menyebabkan remaja berusaha untuk
mengikuti trend dan masalahnya adalah ketika hal tersebut dilakukan berlebihan
sehingga terjadi pemborosan dan terjadi pembelian atas daras keinginan bukan
kebutuhan yang diluar kemapuan materiil.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Intensitas Mengakses
Postingan Youtube Yoshiolo Dan Intensitas Komunikasi Peergroup Dengan
Perilaku Konsumtif di Bidang Fashion Pada Remaja Di Semarang. Teori yang
digunakan pada penelitian ini adalah Teori Stimulus dan Respon dan Teori
Pertukaran Sosial. Penelitan ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe
eksplanatori. Peneliti menggunakan teknik non probability sampling dengan
jumlah sampel sebanyak 60 orang yang berusia 18-22 tahun di kota Semarang
yang pernah melihat tayangan youtube Yoshiolo dan berinteraksi dengan peer
groupnya. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan menggunakan analisis
korelasi Kendall’s Tau, menunjukan bahwa terdapat hubungan positif pada
variable intensitas mengakses postingan youtube Yoshiolo dengan perilaku
konsumtif di bidang fashion pada remaja di Semarang sebesar 0,615 dengan nilai
signifikasnsi 0,000. Variabel intensitas komunikasi peer group dengan perilaku
konsumtif di bidang fashion pada remaja di Semarang menunjukkan hubungan
positif dengan angka korelasi 0,622 dan nilai signifikansi 0,000.. Kesimpulan dari
penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara Intensitas Mengakses
Postingan Youtube Yoshiolo dan Intensitas Komunikasi Peergroup Dengan
Perilaku Konsumtif di Bidang Fashion Pada Remaja Di Semarang.. Dengan hasil
tersebut, disarankan kepada khalayak untuk lebih berhati-hati memilah informasi
mana yang akan dicerna.

Kata Kunci: Youtube, Konsumtif, Remaja, Komunikasi, Peer Group.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: Users 162 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2022 02:32
Last Modified: 28 Sep 2022 02:32
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8769

Actions (login required)

View Item View Item