Farahiyah, Dina and Kristiana, Ika Febrian (2022) Hubungan Self-Regulated Learning dengan Cyberslacking pada Pembelajaran Daring di Pendidikan Tinggi. Undergraduate thesis, Undip.
![]() |
Text
13. Abstrak (Indonesia & Inggris).pdf Download (117kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi mengantarkan dunia pendidikan tinggi pada moda perkuliahan daring. Fenomena Covid-19 pada pertengahan 2020 mempercepat perkembangan moda pembelajaran ini. Dengan digunakannya internet sebagai alat utama untuk mendapatkan pendidikan di masa pandemi, potensi mahasiswa menggunakan internet untuk mengakses hal yang tidak relevan di tengah pembelajaran meningkat pula. Perilaku tersebut disebut cyberslacking. Dengan moda pembelajaran daring yang menawarkan banyak fleksibilitas, mahasiswa dituntut untuk memiliki self-regulated learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-regulated learning dengan cyberslacking. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian kuantitatif korelasional dengan teknik analisis korelasi Spearman. Partisipan penelitian ini adalah mahasiswa S1 yang sedang berkuliah daring (N = 90) yang dikumpulkan melalui teknik purposive sampling. Hasil analisis Rank Spearman menunjukan koefisien korelasi rxy = -0,010 dengan p = 0,463 yang mengindikasikan hubungan negatif tidak signifikan antara self-regulated learning dengan cyberslacking. Uji beda menunjukan tidak adanya perbedaan cyberslacking pada mahasiswa perempuan dan laki-laki. Riset lanjutan dengan desain yang lebih ketat seperti eksperimen dan longitudinal dibutuhkan untuk membuktikan hubungan antar variable secara ketat.
Kata kunci: cyberslacking, self-regulated learning, perkuliahan daring.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 08:46 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 08:46 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8748 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |