Search for collections on Undip Repository

MOTIVASI MENONTON SI BOLANG DI TRANS7 DALAM MENDORONG ANAK UNTUK BERMAIN AKTIF /23/KOM/2020

Utami, Hapsari Putri and Lestari, Sri Budi (2020) MOTIVASI MENONTON SI BOLANG DI TRANS7 DALAM MENDORONG ANAK UNTUK BERMAIN AKTIF /23/KOM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kasus ‘candu’ terhadap gadget membuat anak lebih mengesampingkan kegiatan bermain aktifnya.Salah satu tayangan televisi anak yang hingga saat ini menampilkan kegiatan bermain aktif ditunjukkan dalam program Si Bolang di Trans7.Observasi awal peneliti menemukan 5 dari 7 anak yang menonton Si Bolang menyukai adegan bermain yang ditampilkan.Adegan bermain yang ditayangkan Si Bolang memperlihatkan aktivitas yang memerlukan banyak gerakan tubuh.
Penelitian berjudul “Motivasi Menonton Si Bolang di Trans7 dalam Mendorong Anak untuk Bermain Aktif” bertujuan ingin mengetahui apa yang menjadi motivasi anak-anak menonton Si Bolang dan bagaimana motivasi anak dapat mendorong keinginannya untuk bermain aktif. Menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatifdan pendekatan fenomenologi yang mengacu pada teori motivasi seseorang menggunakan televisi oleh Alan Rubin (West & Turner, 2008: 102), dibagi dalam beberapa kategori seperti kesenangan, relaksasi, dan untuk mempelajari muatan tertentu.Pengumpulan data dilakukan dengan indepth interview secara open-endedserta menggunakan panduan wawancara. Unit analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik yang merujuk kepada analisis data fenomenologi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi anak menonton televisi hanya untuk relaksasi. Terdapat anak yang terdorong untuk menonton televisi karena adanya faktor pendorong dari luar dirinya yaitu dari orang tua. Namun, jika dilihat dari motivasi anak menonton tayangan televisi (Si Bolang di Trans7) untuk kesenangan dan untuk mempelajari muatan tertentu.Anak-anak memiliki alasannya masing-masing mengapa menonton televisi dan menyukai Si Bolang.Selain itu, tidak semua motivasi anak menonton Si Bolang dapat mendorong anak untuk bermain aktif. Faktor keterbatasan alat dan mengetahui adegan dalam tayangan Si Bolang yang sudah dipersiapkan dengan baik oleh kru, menjadi alasan anak mengapa tidak menirukan kegiatan bermain aktif ala Bolang. Anak menirukan adegan bermain aktif ala Bolang menggunakan alat seadanya dan dengan cara bermain mereka sendiri.
Kata Kunci: Anak,Bermain, Menonton,Motivasi, Si Bolang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: Users 162 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2022 07:16
Last Modified: 27 Sep 2022 07:16
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8736

Actions (login required)

View Item View Item