Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Terpaan Informasi Bahaya Merokok pada Bungkus Rokok dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Rokok / 22/KOM/2020

Ginubahyang S P, Gerald Waisaka and Setyabudi, Djoko (2020) Pengaruh Terpaan Informasi Bahaya Merokok pada Bungkus Rokok dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Rokok / 22/KOM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (279kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (223kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (474kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (336kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya jumlah kasus penyakit yang
terkait dengan rokok dan tembakau, baik dari rawat jalan maupun rawat inap
berdasarkan dari Kementerian Kesehatan dari BPJS Kesehatan. Kondisi ini tidak
selaras dengan tingginya jumlah perokok di Indonesia yang masih tidak mau
mengurangi perilaku merokok dan keputusan pembelian rokok. Kasus penyakit
yang disebabkan oleh rokok terbilang tinggi dan kondisi ini tidak selaras dengan
tingginya jumlah perokok di Indonesia yang masih tidak mau mengurangi
pembelian produk rokok.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan informasi
bahaya merokok pada bungkus rokok dan persepsi harga terhadap keputusan
pembelian produk rokok. Uji Validitas dan Reliabilitas digunakan untuk
menganalisis kendala dari setiap pertanyaan pada kuesioner. Teori yang digunakan
adalah Teori Respon Kognitif dan Teori Utilitas Transaksi. Teknik pengambilan
data sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling
dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Populasi dalam penelitian ini
adalah perokok aktif, berusia 18-40 tahun, dan berdomisili di Kota Semarang.
Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS dengan analisis regresi
linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden memiliki keputusan
pembelian produk yang tinggi. Terlihat dari nilai signifikansi untuk variabel terpaan
informasi bahaya merokok pada bungkus rokok dan variabel persepsi harga adalah
sebesar 0,866 dan 0,594 yang berarti tidak ada pengaruh terhadap keputusan
pembelian. Sehingga peneliti menyarankan kepada pemerintah untuk kebijakan
mengenai informasi peringatan bahaya merokok pada bungkus rokok dan kenaikan
cukai rokok dinilai kurang efektif untuk mengendalikan keputusan pembelian
produk rokok. Pada penelitian selanjutnya, disarankan untuk menggunakan faktor
lain yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian produk rokok.

Kata Kunci: Terpaan Informasi Bahaya Merokok pada Bungkus Rokok, Persepsi
Harga, Keputusan Pembelian Produk Rokok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 27 Sep 2022 06:43
Last Modified: 27 Sep 2022 06:43
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8727

Actions (login required)

View Item View Item