Search for collections on Undip Repository

PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA (STUDI PADA PENGGUNA TOKOPEDIA DI KOTA SEMARANG) /84/adbis/2021

Laila, Kemara Salma and Wijayanto, Andi and Shinta Dewi, Reni (2021) PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA (STUDI PADA PENGGUNA TOKOPEDIA DI KOTA SEMARANG) /84/adbis/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover_Kemara Salma.pdf - Published Version

Download (597kB)
[img] Text
BAB I Kemara Salma Laila - 14020217130059 - Administrasi Bisnis.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II Kemara Salma Laila - 14020217130059 - Administrasi Bisnis.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text
BAB III Kemara Salma Laila - 14020217130059 - Administrasi Bisnis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] Text
BAB IV Kemara Salma Laila - 14020217130059 - Administrasi Bisnis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Kemara Salma Laila - 14020217130059 - Administrasi Bisnis.pdf - Published Version

Download (239kB)
[img] Text
Lampiran Kemara Salma Laila - 14020217130059 - Administrasi Bisnis.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan teknologi begitu tumbuh dan berkembang dengan cepat akhir-akhir ini.Banyak sekali macam teknologi terbaru yang dapat dimanfaatkan oleh manusia di dunia seperti sekarang.Perkembangan tersebut melahirkan marketplace salah satunya yaitu Tokopedia yang sejak pertama kemunculan di Indonesia telah menarik perhatian Sebagian besar masyarakat.Di Indonesia pengunjung Tokopedia telah mencapai 114 ribu pada kuartal akhir tahun 2020. Setelah berjalannya waktu, di Kota Semarang yang termasuk kota besar dan memiliki jumlah masyarakat yang menggunakan Tokopedia yang cukup banyak, ada beberapa pengguna yang sempat meragukan sistem keamanan yang ada pada Tokopedia. Pada penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh brand image dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian pada marketplace Tokopedia di Kota Semarang.Penelitian ini memiliki tipe penelitian explanatory research. Metode pengambilan sampel penelitian menggunakan Non probability sampling dengan caraaccidental sampling dan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan Google Form kepada 100 responden di Kota Semarang yang bersedia untuk mengisi dan menjadi sampel.Analisis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi.Penelitian ini menyimpulkan bahwa brand image mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian, brand ambassador mempunyai pengaruh kepada keputusan pembelian, dan brand image maupun brand ambassador secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian.Pada hasil uji regresi brand image, brand ambassador memberikan pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian. Saran yang diberikan kepada Tokopedia adalah meningkatkan citra dengan cara melakukan kegiatan sosial yang melibatkan pengguna Tokopedia, berani menampilkan konsep berbeda saat melakukan kerjasama dengan selebriti, dan menambahkan penawaran produk yang lebih menarik pengguna Tokopedia.

Kata Kunci :Brand image, Brand ambassador, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 15 Sep 2022 05:03
Last Modified: 15 Sep 2022 05:05
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8334

Actions (login required)

View Item View Item