Susriadi, Maulana Nanda and Listyorini, Sari and Budiatmo, Agung (2021) PENGARUH KELENGKAPAN PRODUK,HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen Alfamart SPBU Kalimanah Kabupaten Purbalingga) / 76/adbis/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Text
COVER.pdf - Published Version Download (287kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (540kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Download (952kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (585kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (199kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (912kB) |
Abstract
Pelaku bisnis ritel bersaing ketat untuk menawarkan keunggulan bisnisnya karena daya tawar konsumen yang tinggi. Begitu juga para pelaku bisnis ritel di Purbalingga yang bersaing untuk menarik perhatian konsumen dalam melakukan pembelian. Pembelian konsumen dapat dipengaruhi oleh kelengkapan produk, harga, dan lokasi. Alfamart SPBU Kalimanah merupakan salah satu ritel yang terdapat di Purbalingga. Berdasarkan informasi manajemen Alfamart SPBU Kalimanah, penjualan di minimarket tersebut tahun 2015 hingga 2020 mengalami fluktuatif dimana terjadi penurunan penjualan pada tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kelengkapan produk, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada konsumen Alfamart SPBU Kalimanah.
. Tipe penelitian ini adalah penelitian eksplanatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan metodeaccidental sampling dan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar kepada 96 responden yang pernah melakukan pembelian di Alfamart SPBU Kalimanah. Metode analisis data yang digunakan yakni analisis regresi menggunakan bantuan aplikasi komputer SPSS 24.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelengkapan produk, harga, dan lokasi secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Secara simultan kelengkapan produk, harga, dan lokasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Variabel harga memiliki pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian sebesar 55,9%. Selanjutnya lokasi memberikan sumbangan pengaruh sebesar 27,3%. Sedangkan variabel kelengkapan produk tidak memberikan sumbangan pengaruh karena memiliki signifikansi 0,662 dimana melebihi ketentuan sebesar 0,05.
Saran yang diberikan terhadap Alfamart SPBU Kalimanah pada aspek kelengkapan produk perlu meningkatkan keberagaman produk dan stock opname secara berkala. Aspek harga perlu melakukan pertimbangan dan penyesuaian harga dengan kompetitor dan penerapan strategi promosi sehingga harga dapat lebih kompetitif. Pada aspek lokasi dengan meningkatkan penerangan, melakukan perluasan dan penataan area parkir, serta menerapkan strategi penjualan yang tepat agar dapat membuat pengunjung ramai sehingga aktivitas sekitar toko menjadi ramai.
Kata Kunci : Kelengkapan Produk, Harga, Lokasi, Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 02:38 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 02:38 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8321 |
Actions (login required)
View Item |