Search for collections on Undip Repository

PENGARUH CITRA MEREK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL MEREK TOYOTA (STUDI PADA KONSUMEN PT. NASMOCO KALIGAWE SEMARANG) / 74/adbis/2021

Normalla, Fraya Putri and Prihatini, Apriatni Endang (2021) PENGARUH CITRA MEREK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL MEREK TOYOTA (STUDI PADA KONSUMEN PT. NASMOCO KALIGAWE SEMARANG) / 74/adbis/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (426kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (615kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (135kB)

Abstract

Perkembangan semakin banyaknya produsen mobil yang ada di Indonesia memicu perusahaan untuk terus bersaing secara ketat dan perlu menetapkan strategi pemasaran yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Toyota yaitu salah satu produsen terbesar di dunia. Toyota juga mendapatkan penghargaan atas merek dalam ajang Indonesia Prestige Brand Award 2017 dan Gritodo Award 2019. Toyota juga telah maksimalkan strategi promosinya dengan maksimalisasi jajaran produk Toyota dan meningkatkan layanan aftersales. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara citra merek dan promosi terhadap keputusan pembelian Toyota. Namun diketahui dari data penjualan GAIKINDO Toyota telah mengalami penurunan selama 5 tahun berturut-turut serta penurunan terbesar pada tahun 2020. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek dan promosi terhadap keputusan pembelian.
Populasi penelitian adalah konsumen yang pernah membeli mobil di Nasmoco Kaligawe Semarang, sedangkan sampelnya adalah 100 konsumen Nasmoco Kaligawe dengan menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling dan purposive sampling. Tipe penelitian ini adalah explanatory research. Skala pengukuran menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi sederhana dan berganda, uji signifikan t dan F.
Hasil penelitian menunjukan bahwa citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, citra merek dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Adapun saran untuk Toyota dari penelitian ini yaitu dapat lebih meningkatkan pengenalan identitas seperti tagline, lalu inovasi yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Selain itu dapat meningkatkan strategi promosi berupa frekuensi iklan atau mempublikasikan informasi Toyota baik mengenai capaian yang telah diraih maupun informasi akan adanya produk baru untuk diperkenalkan.

Kata Kunci : Citra Merek, Promosi, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 15 Sep 2022 02:15
Last Modified: 15 Sep 2022 02:15
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8316

Actions (login required)

View Item View Item