Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Electronic Word of Mouth (e-WOM) dan e-Trust terhadap Keputusan Pembelian Online pada Marketplace Lazada / 68/adbis/2021

Dewintari, Atika and Prihatini, Apriatni Endang and Lestari P, Dina (2021) Pengaruh Electronic Word of Mouth (e-WOM) dan e-Trust terhadap Keputusan Pembelian Online pada Marketplace Lazada / 68/adbis/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (547kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (542kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (324kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAKSI
Pada era industri 4.0 sekarang ini, pemanfaatan teknologi menjadi salah satu faktor
penting di dalam proses bisnis. Pemanfaatan teknologi-teknologi yang ada saat ini
banyak memanfaatkan internet of things didalamnya. Dari pengguna internet yang
tinggi, para pegiat bisnis melihat adanya peluang untuk menyediakan tempat jual
beli online atau yang saat ini dikenal luas oleh masyarakat dengan nama
Marketplace. Marketplace kini menjadi semakin gencar untuk bersaing dalam
menarik minat masyarakat Indonesia. Lazada merupakan salah satu marketplace di
Indonesia yang menyediakan berbagai kebutuhan konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Electronic Word of
Mouth (e-WOM) dan e-Trust sebagai variabel x terhadap keputusan pembelian
sebagai variabel y pada marketplace Lazada. Tipe penelitian yang digunakan adalah
explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna marketplace
Lazada dengan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel pada
penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan metode purposive
sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner online karena kondisi
pandemi yang tidak mendukung penyebaran kusioner secara langsung kepada
responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
menggunakan uji koefisien korelasi dan determinasi, regresi linear sederhana dan
berganda, uji t, dan uji F yang diolah dengan menggunakan SPSS (Statistical
Program for Social Sciene) versi 25.0.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan secara parsial
maupun simultan antara variabel Electronic Word of Mouth (e-WOM) dan e-Trust
terhadap keputusan pembelian online pada marketplace Lazada. Semakin baik
Electronic Word of Mouth (e-WOM) yang diciptakan oleh perusahaan dan semakin
tinggi Kepercayaan konsumen, maka akan semakin tinggi pula keputusan pembelian
online pada marketplace Lazada.
Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, Kepercayaan, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 14 Sep 2022 06:45
Last Modified: 14 Sep 2022 06:45
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8301

Actions (login required)

View Item View Item