Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PROMOSI DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH PADA MARKET PLACE BUKALAPAK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA PENGGUNA MARKETPLACE BUKALAPAK) /52/adbis/2021

Pangastuti, Titania Putri and Pradhanawati, Ari and Nugraha, Hari Susanta (2021) PENGARUH PROMOSI DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH PADA MARKET PLACE BUKALAPAK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA PENGGUNA MARKETPLACE BUKALAPAK) /52/adbis/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (906kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (878kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (980kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (305kB)

Abstract

ABSTRAKSI
Gaya hidup masyarakat yang konsumtif saat ini mendorong banyak
marketplace bermunculan. Bukalapak terus melakukan peningkatan kualitas
pelayanan, namun ketatnya persaingan membuat peringkat dan kunjungan
Bukalapak menurun setiap tahunnya, hal ini mengindikasikan adanya peurunan
dalam keputusan pembelian di Bukalapak. Tujuan perusahaan dalam meningkatkan
pelayanan adalah memberikan kepuasan dan kesan yang baik terhadap konsumen
agar melakukan pembelian, yang diperlihatkan beberapa aspek seperti promosi dan
electronic word of mouth.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh positif promosi
terhadap keputusan pembelian di Bukalapak, (2) Pengaruh positif electronic word
of mouth terhadap keputusan pembelian, (3) Pengaruh positif promosi dan
electronic word of mouth secra bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Tipe
penelitian ini adalah eksplanotori research dengan tekniik pengambilan sampel
menggunakan non probability sampling dan metode purposive sampling dimana
hanya konsumen yang pernah melakukan pembelian di Bukalapak sebanyak 3 kali
dalam satu tahun terakhir. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 100
responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kuesioner disusun dengan Skala Likert melalui google form kemudian dihitung
dengan bantuan aplikasi Microsoft Excel dan SPSS for windows version 24 untuk
melakukan uji validitas, reliabilitas, uji koefisien korelasi, koefisien determinasi,
analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda, uji signifikansi (uji t dan uji F).
Hasil dari penelitian ini adalah: variabel promosi dan variabel electronic
word of mouth dapat memberi pegaruh yang signifikan, kuat dan positif baik secara
parsial maupun simultan. Secara parsial promosi menyumbang sebasar 45,4%
terhadap keputusan pembelian, sedangkan electronic word of mouth menyumbang
sebesar 50,5% terhadap keputusan pembelian. Kemudian secara simultan promosi
dan electronic word of mouth menyumbang sebesar 57,2 % terhadap keputusan
pembelian.
Disarankan agar Bukalapak meningkatkan intensitas promosi untuk
menarik minat konsumen untuk melakukan pembelian. Selain itu, Bukalapak perlu
meningkatkan kualitas pelayanan dan meningkatkan respon terhadap ulasan negatif
konsumen.
Kata Kunci: Promosi, Electronic Word of Mouth, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 13 Sep 2022 07:43
Last Modified: 13 Sep 2022 07:43
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8269

Actions (login required)

View Item View Item