Search for collections on Undip Repository

PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI (Studi pada Konsumen Sheet Mask Innisfree di FISIP Universitas Diponegoro) / 46/adbis/2021

Anjarwati, Mey Lani and Widiartanto, Widiartanto and Nugraha, Hari Susanta (2021) PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI (Studi pada Konsumen Sheet Mask Innisfree di FISIP Universitas Diponegoro) / 46/adbis/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (563kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (447kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Kemunculan produk kecantikan Korea Selatan di Indonesia berkembang pesat dilihat dari nilai impor yang setiap tahunnya meningkat, Innisfree salah satu produk kecantikan yang sudah memasuki pasar Indonesia dan termasuk kedalam lima besar skincare favorit wanita Indonesia, namun penjualan yang didapat tahun 2017-2020 mengalami penurunan dan terdapat beberapa review negatif pada sheet mask Innisfree yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh country of origin dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian melalui minat beli. Tipe penelitian adalah explanatory sampling dan pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan google form. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden penggunaa Innisfree di FISIP Universitas Diponegoro. Dalam penelitian menggunakan analisis kuantitatif dengan bantuan aplikasi SPSS untuk melakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji analisis regresi sederhana dan berganda, dan uji signifikansi yaitu uji t dan uji F.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa country of origin dan electronic word of mouth berpengaruh positif secara parsial dan simultan terhadap minat beli, dimana ketika dilakukan secara bersama-sama country of origin memiliki pengaruh yang paling besar terhadap minat beli. Secara parsial country of origin menyumbang sebesar 29,7% terhadap minat beli, sedangkan electronic word of mouth menyumbang sebesar 21,1% terhadap minat beli, selanjutnya secara simultan country of origin dan electronic word of mouth menyumbang sebesar 32,5 terhadap minat beli.
Berdasarkan hasil tersebut maka disarankan hendaknya Innisfree dapat meningkatkan kualitas dan manfaat serta terus mengembangkan inovasi berdasarkan riset agar sesuai kebutuhan konsumen, kemudian meningkatkan respon apabila ditemui keluhan atau ulasan negatif agar segera ditangani.

Kata Kunci :Country of Origin, Electronic Word of Mouth, Minat Beli, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 13 Sep 2022 06:52
Last Modified: 13 Sep 2022 06:52
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8263

Actions (login required)

View Item View Item