Hartina, Widya Endang and Budiatmo, Agung (2021) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada konsumen Portobello Cafe Sumurboto, Semarang) / 31/adbis/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Text
1. COVER.pdf - Published Version Download (587kB) |
|
Text
2. BAB I.pdf - Published Version Download (776kB) |
|
Text
3. BAB II.pdf - Published Version Download (321kB) |
|
Text
4. BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (676kB) |
|
Text
5. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
|
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (255kB) |
Abstract
ABSTRAKSI
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendapatan yang mengalami fluktuasi
selama 5 tahun terakhir. Tujuan penelitan ini untuk mengetahui pengaruh kualitas
produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian melalui minat beli
sebagai variabel intervening pada Portobello Cafe. Populasinya adalah seluruh
konsumen Portobello Café yang berdomisili di Semarang, sedangkan sampel
penelitian ini adalah 100 konsumen Portobello Café dengan menggunakan teknik
pengambilan sampel accidental dan purposive sampling.
Tipe penelitian ini adalah explanatory research. Metode analisis data yang
digunakan adalah uji validitas, realibilitas, koefisien korelasi, koefisien
determinasi, analisis regeresi sederhana dan uji signifikansi (uji t) serta uji analisis
dua tahap dengan menggunakan software SPSS 22.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif
terhadap minat beli, kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap minat beli,
minat beli berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Pada variabel
intervening diketahui bahwa terdapat pengaruh positif variabel harga terhadap
keputusan pembelian melalui minat beli dan terdapat pengaruh positif variabel
kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian melalui minat beli.
Berdasarkan hasil tersebut maka disarankan agar Portobello Café harus
mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk yang ditawarkan dengan
menambah inovasi dan variasi terhadap makanan. Melakukan briefing dan
pembuatan SOP agar karyawan lebih tanggap menangani keluhan konsumen, serta
meningkatkan quality control pada cita rasa produk. Selain itu perusahaan harus
lebih adaptif dengan perkembangan yang terjadi di lingkungan.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Minat Beli, Keputusan
Pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 02:49 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 02:49 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8246 |
Actions (login required)
View Item |