Situmorang, Elisa and Wijayanto, Andi and Saryadi, Saryadi (2021) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE MELALUI APLIKASI MOBILE SHOPEE / 23/adbis/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
![]() |
Text
BAB I - SKRIPSI ELISA.pdf - Published Version Download (849kB) |
![]() |
Text
BAB II - SKRIPSI ELISA.pdf - Published Version Download (341kB) |
![]() |
Text
BAB III - SKRIPSI ELISA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (803kB) |
![]() |
Text
BAB IV - SKRIPSI ELISA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA - SKRIPSI ELISA.pdf - Published Version Download (197kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN - SKRIPSI ELISA.pdf - Published Version Download (736kB) |
![]() |
Text
cover_elisa.pdf - Published Version Download (692kB) |
Abstract
Abstrak
Penggunaan internet sekarang bukan hanya untuk sekedar bertukar kabar
melalui komunikasi ataupun untuk mencari berbagai informasi dari berbagai
penjuru melainkan pemanfaatannya sudah lebih jauh. Seperti misalnya
pemanfaatan internet untuk transaksi jual-beli secara online. Kenyataan ini
berdampak pada gaya hidup masyarakat termasuk dalam perilaku dan sikap
konsumen untuk memutuskan pembelian. Terlebih pertumbuhan pasar e-commerce
di Indonesia diprediksi akan terus meningkat. Adapun tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam
memutuskan pembelian secara online.
Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif dengan
validitas, reliabilitas, analisis faktor, koefisien korelasi, koefisien determinasi,
regresi sederhana, regresi berganda, uji t dan F. Pengujian dilakukan dengan
bantuan program SPSS versi 26. Sampel penelitian sebanyak 147 responden
melalui penyebaran kuesioner kepada konsumen Shopee. Pengambilan sampel
menggunakan teknik kombinasi purposive dan snowball sampling.
Dari hasil penelitian menunjukkan variabel kepercayaan, keamanan,
kualitas informasi, kualitas pelayanan, promosi, kemudahan, persepsi kegunaan,
dan persepsi risiko secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian secara online. Dan faktor yang memiliki pengaruh paling
dominan yakni variabel persepsi kegunaan. Implikasi penelitian ini terhadap pelaku
bisnis e-commerce atau dalam hal ini Shopee adalah agar memperhatikan faktorfaktor
yang mempengaruhi keputusan pembelian tersebut sehingga jumlah
pembelian online pun ikut meningkat nantinya.
Kata Kunci: Belanja Online, Faktor, Keputusan Pembelian, Marketplace, Shopee
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 12 Sep 2022 08:09 |
Last Modified: | 12 Sep 2022 08:10 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8230 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |