Himmah, Annisa Rif’atul and Prihatini, Apriatni Endang and Widiartanto, Widiartanto (2021) PENGARUH CITRA MEREK DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (e-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen Pixy di Kota Semarang) /20/adbis/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
![]() |
Text
COVER.pdf - Published Version Download (401kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf - Published Version Download (794kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf - Published Version Download (897kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (798kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (171kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAKSI
Pada tahun 2018 dan 2019 Pixy melakukan rangkaian rebranding, namun ketatnya persaingan di industri kosmetik menyebabkan nilai Top Brand Index (TBI) beberapa produk kosmetik Pixy tahun 2017-2020 menunjukan angka fluktuatif. Citra merek dan e-WOM diduga sebagai faktor yang dapat mepengaruhi keputusan pembelian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara citra merek dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian kosmetik Pixy di Kota Semarang. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dan metode purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form. Sampel pada penelitian berjumlah 100 konsumen kosmetik Pixy di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan bantuan aplikasi komputer Microsoft Excel dan SPSS for windows version 16.0 untuk melakukan uji validitas, uji reliabilitas uji koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi sederhana dan berganda, kemudian uji signifikansi (uji t dan uji F).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel citra merek (X1) dan variabel electronic word of mouth (X2) secara simultan dapat memberi pengaruh yang signifikan, kuat dan positif pada variabel keputusan pembelian (Y). Perhitungan secara simultan citra merek memiliki pengaruh yang paling besar terhadap keputusan pembelian. Secara parsial citra merek menyumbang sebesar 47,3% terhadap keputusan pembelian, sedangkan electronic word of mouth menyumbang sebesar 38,8% terhadap keptusan pembelian. Kemudian secara simultan citra merek dan electronic word of mouth menyumbang sebesar 51,2% terhadap keputusan pembelian.
Disarankan agar kosmetik Pixy melakukan inovasi untuk mengembangkan dan meningkatkan citra merek. Selain itu Pixy juga perlu meningkatkan respon yang cepat terhadap adanya ulasan negatif dari konsumen.
Kata kunci: Citra Merek, Electronic Word Of Mouth, Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 12 Sep 2022 07:16 |
Last Modified: | 12 Sep 2022 07:16 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8227 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |