Zulfanni, Isnia and Nugraha, Hari Susanta (2020) PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA KANTOR POS BESAR SEMARANG /106/adbis/2022. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Masalah penelitian ini adalah pelayanan yang diberikan Kantor Pos Besar
Semarang masih belum maksimal, terbukti dengan tingkat fluktuasi jumlah keluhan
pelanggan dari tahun 2016-2018. Keluhan pelanggan pada tahun 2017 ke tahun
2018 meningkat drastis yaitu mencapai 148,5%. Jika melihat dari penilaian kinerja
karyawan pada tahun 2019 juga masih dirasa kurang optimal dikarenakan hanya 7
karyawan yang mencapai penilaian kinerja sesuai dengan target yaitu 100% sesuai
dengan standar KPI (Key Performance Indicator).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi dan
motivasi terhadap kinerja karyawan. Tipe penelitian ini adalah explanatory
research. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan Kantor
Pos Besar Semarang, sedangkan sampelnya adalah 74 karyawan Kantor Pos Besar
Semarang dari perwakilan seluruh bagian divisi. Teknik pengambilan sampel pada
penelitian ini menggunakan proportional random sampling. Data yang diperoleh
adalah data primer yang merupakan hasil dari jawaban responden atas kuesioner
yang disebarkan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah
dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, serta uji hipotesis
menggunakan analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, uji
korelasi, koefisien determinasi,dan uji signifikansi (uji t dan uji F).
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa kompensasi berpengaruh positif
terhadap kinerja karyawan, motivasi berpengaruh positif terhadap kinerja
karyawan, serta kompensasi dan motivasi secara simultan berpengaruh positif
terhadap kinerja karyawan. Hasil uji analisis regresi linier berganda menunjukkan
bahwa secara parsial kompensasi dan motivasi berpengaruh secara positif terhadap
kinerja karyawan, variabel yang memiliki pengaruh lebih tinggi adalah variabel
motivasi sebesar 42,4% sedangkan variabel kompensasi sebesar 26,9%. Secara
simultan variabel kompensasi dan motivasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan
sebesar 37,7% sedangkan sisanya sebesar 62,3% diperoleh dari variabel lain yang
tidak dimasukkan ke dalam penelitian seperti pelatihan kerja, lingkungan kerja, dan
stress kerja.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran sebagai berikut: 1)
Kompensasi yang diberikan perusahaan kepada karyawannya sebaiknya perlu lebih
diperhatikan agar kepercayaan karyawan semakin besar sehingga mampu
merangsang karyawan untuk lebih berprestasi. 2) Motivasi yang diberikan
sebaiknya dipertahankan, dalam pemberian penghargaan dan pelatihan kerja perlu
ditingkatkan agar karyawan melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan
maksimal. 3) Terpenuhinya kompensasi dan pemberian motivasi yang baik
tentunya akan meningkatkan produktivitas serta kinerja para karyawan.
Kata kunci : Kompensasi, Motivasi, Kinerja Karyawan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | Users 162 not found. |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 02:22 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 02:37 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8182 |
Actions (login required)
View Item |