Hutagalung, Yuli Master P. and Djoko Waluyo, Handoyo (2020) PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Studi Kasus Pada Kopi Benteng 2 Banyumanik) / 99/bisnis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak
Pertumbuhan kedai kopi yang pesat dalam beberapa tahun membuat persaingan semakin ketat. Perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah gaya hidup dan harga. Kopi benteng 2 Banyumanik merupakan salah satu kedai kopi yang dikenal di Kota Semarang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa yang menyebabkan kenaikan dan penurunan omzet penjualan per tahun Kopi benteng 2 Banyumanik dalam periode tahun 2014 hingga tahun 2018 ditengah menjamurnya kedai kopi di Kota Semarang. Tipe penelitian ini adalah explanatory research, dengan populasinya adalah konsumen Kopi benteng 2 Banyumanik di Kota Semarang. Sedangkan sampelnya sebanyak 100 responden dengan Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang atau kesempatan sama bagi setiap unsur atau setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel (Sugiyono, 2012).
Teknik metode pengambilan sampelnya menggunakan sampling insidental atau sampling aksidental yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan (Sugiyono, 2012). Metode analisis yang digunakan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, dan uji signifikansi (uji t dan uji f) dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25.00. Variabel Kualitas Produk masuk dalam kategori memuaskan. Nilai t hitung (5,816) > t tabel (1,661). Koefisien korelasi 0,446 dan Koefisien Determinasi 25,7%. Variabel Kualitas Pelayanan masuk dalam kategori memuaskan. Nilai t hitung (5,621) > t tabel (1,661). Koefisien korelasi 0,275 dan Koefisien Determinasi 24,4%. Variabel Harga masuk dalam kategori murah. Nilai t hitung (8,395) > t tabel (1,661). Koefisien korelasi 0,809 dan koefisien determinasi 41,8%. Koefisien korelasi 0,710 dan koefisien determinasi 50,5%. Nilai F hitung (32,603) > f tabel (2,70). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga sama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hal tersebut menyatakan bahwa jika kualitas produk yang memuaskan, kualitas pelayanan yang memuaskan lalu disandingkan dengan harga yang murah maka akan menghasilkan keputusan pembelian yang semakin tinggi pula. Hal ini dapat dilihat dalam penelitian terhadap konsumen Kopi Benteng 2 Banyumanik, variabel kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga bersama-sama mempunyai pengaruh yang kuat terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci : Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga dan Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | Users 162 not found. |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 01:25 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 01:25 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8153 |
Actions (login required)
View Item |