Rizky, Setya Anugrah and Djoko Waluyo, Handoyo (2020) PENGARUH BAURAN RITEL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA INDOMARET KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG / 91/bisnis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Full text not available from this repository.Abstract
PENGARUH BAURAN RITEL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
PADA INDOMARET KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG
ABSTRAK
Keberadaan berbagai ritel modern saat ini yang menawarkan banyak keunggulan jika dibandingkan dengan gerai ritel konvensional dimana ritel modern berusaha menjawab berbagai permintaan dari pasar yang begitu beragam. Indomaret Ngesrep merupakan merek gerai ritel dari PT. Indomarco Prismatama yang menjadi salah satu ritel moden yang hadir demi memberikan kemudahan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Sejak dibukanya gerai, Indomaret Ngesrep mendapatkan respon yang positif, akan tetapi di tahun 2016 dan 2017 angka penjualan gerai ini menunjukkan penurunan.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh retailing mix terhadap keputusan pembeliandari Indomaret Cabang Ngesrep. Penelitian ini bertipe explanatory research dengan pendekatan kantitatif.Populasi dari penelitian ini adalah konsumen Indomaret Ngesrep dengan jumlah sampel yaitu 100 responden. Teknik pengambilan sampel penelitian ini yaitu non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Dari hasil observasi kemudian dilakukan uji validitas, uji realibilitas, koefisien korelasi, regresi linear sederhana, koefisien determinasi, regresi linear berganda, uji t dan uji F menggunakan software SPSS versi 23.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa produkberpengaruh terhadap keputusan pembelian, harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian,lokasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian,promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian,layanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian,suasana toko berpengaruh terhadap keputusan pembelian, danretailing mix secara simultan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Peneliti memberikan saran kepada Indomaret Ngesrep untuk meningkatkan kegiatan promosi melalui media cetak maupun elektronik, pemberian potongan harga, hingga upaya personal selling. Selain itu, dalam menentukan harga produk, strategi yang dilakukan Indomaret Ngesrep juga harus lebih baik agar konsumen merasa lebih yakin dalam melakukan keputusan pembelian di gerai Indomaret Ngesrep.
Kata Kunci: Bauran Ritel, Produk, Harga, Lokasi, Promosi, Layanan, Suasana Toko, dan Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | Users 162 not found. |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 04:02 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 04:02 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8139 |
Actions (login required)
View Item |