Nur Arifah, Mutia and Suryoko, Sri (2020) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN INOVASI PRODUKTERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen diBoy’s Cake and Bakery Mojolaban, Sukoharjo) / 73/bisnis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Full text not available from this repository.Abstract
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
(Pada Boy’s Cake and Bakerydi Sukoharjo)
ABSTRAK
Dalam penelitian ini secara khusus membahas mengenai penjualan Boy’s Cake and Bakery tahun 2016 – 2019 mengalami penjualan yang cukup fluktuatif,karena di tahun terakhir yaitu tahun 2019 terlihat penurunan yang cukup signifikan. Penelitian ini untuk mengetahui Kualitas Pelayanan (X1) dan Inovasi Produk (X2) terhadapa Keputusan Pembelian (Y) di Boy’s Cake and Bakery. Peneliti menggunakan tipe penelitian explanatory research dan Teknik Purposive Sampling dan Accidental Sampling. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hipotesis penelitian yang telah diajukan sebelumnya bahwa kualitas pelayanan, inovasi produk, dan keputusan pembelian semuanya berpengaruh. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara kepada 100 responden yang pernah membeli produk Boy’s Cake and Bakery minimal 2 kali dalam 6 bulan terakhir. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif, yakni dan uji statistik untuk menguji hubungan antar variabel dalam penelitian dengan menggunakan SPSS 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel kualitas pelayanan (X1) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelianBoy's Cake and Bakery (Y), Variabel inovasi produk (X2) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian di Boy's Cake and Bakery (Y) dan Variabel kualitas pelayanan dan inovasi produk secara bersama-sama berpengaruh positif dan penting terhadap keputusan pembelian Boy's Cake and Bakery. Saran yang diberikan kepada Boy's Cake and Bakery variabel kualitas pelayanan dari Boy’s Cake and Bakery sudah baik, namun Boy’s Cake and Bakery perlu mempertahankan dan meningkatkan lagi kualitas pelayanan yang diberikan, terutama dalam hal kenyamanan ruangan tokomeningkatkan kenyamanan ruangan toko dengan menambahkan tempat sampah, layanan pesan antar yang dipermudah dengan pembatasan minimal pengantaran dan juga memperbanyak supir pengiriman, memiliki ciri khas cita rasa produk yang unik yang berbeda dengan yang lain contoh produk yang lebih cenderung rasa manis, lebih memeperhatikan kesediaan produk yang di etalase dengan memeriksa produk yang habis tiap pergantian jam pekerja, memepercepat layanan untuk konsumen baik dalam menanggapi dan juga mengatasi keluhan konsumen dengan memberikan perhatian yang lebih, lebih mngenal lagi mengenai spesifikasi produk yang dijual dengan cara menuliskan nama produk dan varian rasa dibalik meja kasir, lebih memperhatikan kembali kepada jam operasional yang sudah tertera agar tidak terlambat saat toko baru dibuka, memepermudah lagi komunikasi antara konsumen dan karyawan agar konsumen dapat meningkatkan kembali pembelian yang akan dilakukan dengan cara menanyakan hal yang dibutuhkan konsumen atau dengan menjaga relasi dengan selalu menanyakan apakah ada hal yang kurang berkenan terkait dengan pelayanan, karena semua sudah aspek sudah mendukung untuk membeli di Boy’s Cake and Bakery.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Inovasi Produk, Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | Users 162 not found. |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 02:45 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 02:45 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8119 |
Actions (login required)
View Item |