Yanti, Mutia Meiva and Budiatmo, Agung (2020) PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Konsumen Gelael Ciputra Mall Semarang) / 72/bisnis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Full text not available from this repository.Abstract
PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
(Studi pada Konsumen Gelael Ciputra Mall Semarang)
ABSTRAK
Bisnis ritel merupakan salah satu usaha yang memiliki prospek yang baik dan terus berkembang. Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya berbagai usaha ritel, tuntutan permintaan konsumen pun juga semakin beragam. Oleh karena itu, ketatnya persaingan dalam bisnis ritel mengharuskan perusahaan untuk memahami lebih dalam mengenai kebutuhan dan keinginan konsumen. Perusahaan juga harus menerapkan strategi pemasaran ritel yang tepat untuk mencapai sasarannya, salah satunya dengan menyediakan suasana toko yang nyaman dan strategi harga yang menarik. Dengan adanya strategi yang baik maka timbul minat beli konsumen untuk berbelanja di toko tersebut, sehingga akhirnya mendorong konsumen untuk melakukan keputusan pembelian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere dan harga terhadap keputusan pembelian melalui minat beli pada konsumen Gelael Ciputra Mall Semarang. Tipe penelitian yang dipakai adalah explanatory research. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dan metode purposive sampling dengan accidental sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden yang pernah melakukan pembelian pada Gelael Ciputra Mall. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan analisis PLS-SEM melalui program WarpPLS 6.0.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh store atmosphere terhadap minat beli, terdapat pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian, terdapat pengaruh harga terhadap minat beli, terdapat pengaruh harga terhadap keputusan pembelian, terdapat pengaruh minat beli terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji sobel, terdapat pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian melalui minat beli dan harga terhadap keputusan pembelian melalui minat beli. Berdasarkan hasil uji mediasi, minat beli merupakan variabel intervening parsial dalam memediasi pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian dan minat beli merupakan variabel intervening parsial dalam memediasi pengaruh harga terhadap keputusan pembelian.
Adapun saran yang dapat diberikan kepada Gelael Ciputra Mall agar lebih meningkatkan pengelolaan suasa toko yang lebih nyaman dengan fasilitas-fasilitas yang diberikan dan penetapan harga yang lebih terjangkau oleh konsumen.
Kata Kunci: Store Atmosphere, Harga, Minat Beli, Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | Users 162 not found. |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 02:42 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 02:42 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8118 |
Actions (login required)
View Item |