Search for collections on Undip Repository

PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN MELALUI INOVASI PRODUK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada IKM Gula Semut Desa Durensari Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo) / 58/adbis/2020

Rokhayati, Imas and Suryoko, Sri (2020) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN MELALUI INOVASI PRODUK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada IKM Gula Semut Desa Durensari Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo) / 58/adbis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover_Imas.pdf - Published Version

Download (312kB)
[img] Text
Bab 1_imas R.pdf - Published Version

Download (278kB)
[img] Text
Bab 2_Imas R.pdf - Published Version

Download (94kB)
[img] Text
Bab 3_Imas R.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
Bab 4_Imas R.pdf - Published Version

Download (28kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Imas.pdf - Published Version

Download (21kB)

Abstract

Abstraksi
Industri Kecil Menengah (IKM) Gula Semut Desa Durensari merupakan sentra
industri gula kelapa di Kabupaten Purworejo. IKM Gula Semut berpotensi untuk
berkembang karena adanya permintaan yang tinggi baik dari dalam negeri maupun
dari luar negeri, akan tetapi dalam 5 tahun terakhir penjualan gula semut mengalami
penurunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orientasi
kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan
melalui inovasi produk. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dengan
teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dan wawancara. Sampel
dari penelitian ini adalah 78 perajin gula semut Desa Durensari. Analisis data
menggunakan teknik analisis jalur dibantu dengan software Statistical Package for
Social Science (SPSS) versi 23.0 for windows dimana sebelumnya digunakan uji
validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi
sederhana dan berganda, uji signifikansi (uji t), uji sobel terlebih dahulu. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel independen memiliki pengaruh
signifikan terhadap variabel dependen secara parsial, sedangkan variabel inovasi
produk berperan sebagai variabel mediasi parsial yang menunjukkan ada pengaruh
tidak langsung variabel orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap
keunggulan bersaing berkelanjutan. Saran yang diajukan meliputi penguatan
kelembagaan kelompok, aktif menghadiri pertemuan kelompok, meningkatkan
kemampuan menghasilkan varian baru, mempertahankan kualitas bahan baku dan
kualitas produk.

Kata kunci: orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, inovasi produk,
keunggulan bersaing berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Master Program in Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 06 Sep 2022 08:01
Last Modified: 09 Sep 2022 08:05
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8093

Actions (login required)

View Item View Item