Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Daya Tarik dan Electonic word of mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan (Studi Pada Wisatawan Kawasan Wisata Kota Lama Semarang) /57/adbis/2020

Arrazi, Ilham Muhammad and Nugraha, Hari Susanta (2020) Pengaruh Daya Tarik dan Electonic word of mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan (Studi Pada Wisatawan Kawasan Wisata Kota Lama Semarang) /57/adbis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (897kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (720kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (497kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version

Download (355kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (330kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Published Version

Download (642kB)

Abstract

PENGARUH DAYA TARIK WISATA DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG
(STUDI PADA WISATAWAN KAWASAN KOTA LAMA SEMARANG)
ABSTRAK
Kawasan Kota Lama Semarang merupakan salah satu tempat wisata yang diharapkan mampu menjadi andalan/ikon wisata bagi Kota Semarang. Revitalisasi yang dilakukan pemerintah terhadap Kawasan Kota Lama Semarang pada tahun 2017-2019 menjadikan wajah Kawasan Kota Lama Semarang menjadi semakin menarik. Akan tetapi wisatawan yang datang untuk melakukan kunjungan wisata mayoritas hanya untuk berfoto dan duduk-duduksaja, padahal fasilitas wisata yang disediakan Kawasan Kota Lama Semarang sudah cukup beragam.
Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh daya tarik dan electronic word of mouth terhadap keputusan berkunjung di Kawasan Kota Lama Semarang. Tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan alat pengumpulan data kuesioner, wawancara, dan studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini yaitu wisatawan domestik yang pernah berkunjung dalam 3 tahun terakhir dan memiliki media sosial. Sampel yang diambil berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Data dianalisis melalui uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi linier sederhana, regresi linier berganda, uji t dan uji F menggunakan program SPSS for Windows versi 21.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukan bahwa Daya tarik dan Electronic Word of Mouth memberikan kontribusi pengaruh positif terhadap Keputusan Berkunjung sebesar 48,9%. Berdasarkan hasil tersebut, penulis menyarankan agar pengelola Kawasan Kota Lama Semarang dapat memaksimalkan semua bangunan sejarah yang ada, menyediakan penjual souvenir, serta menyediakan kawasan tempat makan/foodcourt dengan harga murah. Pengelolaan media sosial resmi yang baik juga dapat membantu branding dari Kawasan Kota Lama Semarang itu sendiri.

Kata Kunci : Daya tarik, Electronc word of mouth, Keputusan Berkunjung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 06 Sep 2022 08:01
Last Modified: 09 Sep 2022 08:03
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8091

Actions (login required)

View Item View Item