Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP (Studi pada konsumen Hotel Studio Inn & Suites Semarang) /47/adbis/2020

Wardana, Ditra and Hidayat, Wahyu (2020) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP (Studi pada konsumen Hotel Studio Inn & Suites Semarang) /47/adbis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Keputusan Menginap (Studi pada konsumen Hotel Studio Inn & Suites Semarang)

ABSTRAKSI

Perkembangan jumlah hotel di Semarang yang sangat pesat, menimbulkan persaingan perhotelan di Semarang menjadi sangat ketat. Pertumbuhan yang tidak seimbang ini mengakibatkan terjadinya ketimpangan antara jumlah permintaan dengan suplai yang tersedia dan secara tidak langsung akan berimbas terhadap kelangsungan operasional hotel. Imbas dari ketimpangan antara pertumbuhan jumlah hotel dan jumlah kunjungan wisatawan berdampak pada hotel ini, terlihat bahwa dalam tiga tahun terakhir hotel ini mengalami fluktuasi jumlah pengunjung yaitu tahun 2017-2019.

Tipe penelitian adalah eksplanatory research dan pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling, purposive sampling dan accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden konsumen Hotel Studio Inn & Suites Semarang. Penelitian ini menggunakan sistem statistik SPSS versi 26 dan menggunakan analisis kuantitatif dengan uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi sederhana dan berganda, signifikansi uji t dan uji F.

Berdasarkan hasil tersebut maka disarankan bahwa Hotel Studio Inn & Suites harus mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan dengan menambah dan memaksimalkan layanan parkir hotelseperti membuat system vallet parking yang akan memudahkan tamu ketika datang ke hotel serta dapat bekerja sama dengan perusahaan parkir seperti SAS Parking Indonesia serta perusahaan disarankan untuk selalu adaptif dengan perkembangan yang terjadi dilingkungan. Misalnya memperluas penggunaan teknologi di setiap aspek seperti jasa online yang mayoritas digunakan oleh masyarakat seperti aplikasi Pegipegi.com, Ticket.com, dll. Serta bekerja sama dengan perusahaan hotel online seperti RedDoorz dan Airyrooms untuk meningkatkan penjualan.

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Harga¸dan Keputusan Menginap

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: Users 162 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2022 08:06
Last Modified: 09 Sep 2022 07:21
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8059

Actions (login required)

View Item View Item