Search for collections on Undip Repository

PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Rocket Chicken Wolter Monginsidi Di Kota Semarang) /39/adbis/2020

Puspita, Cindy Mega and Budiatmo, Agung (2020) PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Rocket Chicken Wolter Monginsidi Di Kota Semarang) /39/adbis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

Full text not available from this repository.

Abstract

PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING(Studi pada Rocket ChickenWolter Monginsidi di Kota Semarang)
ABSTRAKSI
Tingkat penjualan produk dapat menunjukkan keputusan pembelian oleh konsumen. Berdasarkan data omzet penjualan Rocket Chicken WolterMonginsidi di Kota Semarang bersifat fluktuatif dan belum mencapai target.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel interveningRocket ChickenWolter Monginsidi di Kota Semarang. Tipe penelitian ini adalah explanatory research. Pengambilan sampel menggunakan teknik pendekatan sampling purposivedengan sampling insidental sebanyak 100 responden yang merupakan konsumen yang pernah melakukan pembelian produk Rocket ChickenWolter Monginsidi di Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif dengan uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi, uji t dengan aplikasi SPSS versi 22.0 serta analisis sobel untuk menguji pengaruh variabel intervening. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa harga berpengaruh dan signifikan terhadap minat beli, harga berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas produk berpengaruh dan signifikan terhadap minat beli, kualitas produk berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian, minat beli berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian, tidak terdapat pengaruh dan signifikan harga terhadap keputusan pembelian melalui minat beli, terdapat pengaruh dan signifikan kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui minat beli.
Saran yang diberikan agar dapat meningkatkan keputusan pembelian adalah dengan usaha perbaikan pada variabel harga, kualitas produk dan minat beli. Pada aspek harga, dalam menentukan harga perusahaan perlu menyesuaikan harga rumah makan siap saji yang lain atau kompetitor, menyediakan loyalty card bagi pelanggan dan dapat memberikan potongan harga atau diskon bagi pelanggan yang membeli produk dalam jumlah banyak dan membuat konsumen tertarik untuk membeli produk. Pada aspek kualitas produk perusahaan dapat inovasi produk dengan model dan perpaduan warna yang baru untuk kemasannya agar membuat bentuk kemasan lebih menarik, melakukan pengawasan yang ketat pada bagian produksi, mulai dari pengawasan bahan baku sampai penyajian dan menjaga kualitas rasa yang enak, melakukan inovasi menu produk makanan atau minuman baru agar lebih beragam. Pada aspek minat beli perusahaan dapat meningkatkan kesesuaian harga maupun kualitas produk yang diharapkan konsumen.

Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk, Minat Beli, dan Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: Users 162 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2022 08:12
Last Modified: 09 Sep 2022 06:42
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8047

Actions (login required)

View Item View Item