Nugraha, Rizky Fajar and Hermani DS, Agus (2020) PENGARUH KUALITAS PRODUK WISATA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Pada Wisatawan Taman Wisata Kopeng di Kabupaten Semarang) / 17/adbis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Full text not available from this repository.Abstract
ASBTRAK
Pariwisata merupakan sektor bisnis jasa yang memenuhi kebutuhan rohani masyarakat. Bisnis pariwisata mengalami perkembangan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin beragam. Taman Wisata Kopeng merupakan salah satu objek wisata yang menyajikan berbagai produk wisata dan menyediakan berbagai pelayanan dalam memenuhi kebutuhan wisatawan. Pada perkembangannya, Taman Wisata Kopeng mengalami penurunan jumlah tingkat wisatawan karena sebagian besar wisatawan merasa tidak puas terhadap produk wisata dan pelayanan yang diberikan sehingga wisatawan enggan melakukan kunjungan kembali maupun merekomendasikan Taman Wisata Kopeng kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk wisata dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada wisatawan Taman Wisata Kopeng. Tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan kriteria minimal berumur 17 tahun, sedang berkunjung ke Taman Wisata Kopeng, dan pernah berkunjung maksimal 3 tahun terakhir. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan accidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan google form dengan jumlah masing-masing sebanyak 50 responden. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS 16.0 for Windows dengan dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji tabulasi silang, uji koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi sederhana dan berganda, dan uji signifikansi (uji t dan uji F). Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk wisata secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan koefisien determinasi sebesar 78,4%. Hasil pada penelitian ini juga memperlihatkan bahwa kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan koefisien determinasi sebesar 75%. Kualitas produk wisata dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepusan konsumen.
Kata Kunci : Kualitas Produk Wisata, Kualitas pelayanan, dan Kepuasan Konsumen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | Users 162 not found. |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 01:20 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 04:15 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7982 |
Actions (login required)
View Item |