Rianto, Cezzare Reinaldho and Widayanto, Widayanto (2020) PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN SEPATU CONVERSE MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Konsumen Sepatu Converse Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang) / 04/adbis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Full text not available from this repository.Abstract
PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN SEPATU CONVERSE MELALUI KEPUASAN
KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
ABSTRAKSI
Perkembangan globalisasi yang sangat pesat menjadi hal yang tidak dapat dihindari. Perkembangan ini membuat persaingan usaha semakin ketat, salah satunya merupakan bisnis fashion. Persaingan produk sepatu menjadi salah satu yang memiliki tingkat persaingan yang tinggi didunia fashion Indonesia. Converse merupakan salah satu produk yang memiliki pangsa pasar yang besar di Indonesia. Converse sendiri adalah perusahaan berasal dari Amerika. Converse menawari berbagai macam desain sepatu casual kepada konsumen seperti All Stars dan lain-lain. Tipe penelitian ini adalah explanatory research, dengan
menggunakan kuesioner sebagai meteode pengumpulan data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung antara variabel Brand Image dan Brand Trust terhadap Loyalitas Konsumen, dan pengaruh tidak langsung Brand Image dan Brand Trust terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen pada konsumen Converse yang merupakan mahasiswa di Universitas Diponegoro. Metode penelitian yang digunakan yaitu teknik Non-Probability Sampling dengan metode Snowball Sampling. Sampel yang dikumpulkan sebanyak 100 responden yang dibagi sama rata sesuai fakultas menggunakan Stratified Random Sampling dan dipilih berdasarkan pertimbangan. Penelitian menggunakan teknik analisis Partial Least Square, yang diestimasi dengan program WarpPLS 6.0.
Berdasarkan hasil analisis olah data dengan WarpPLS menjelaskan bahwa pada hasil uji pengaruh langsung pada model penelitian menunjukkan hasil yang positif dan signifikan. Uji pengaruh tidak langsung pada model penelitian juga menunjukkan hasil positif dan signifikan. Peneliti memberikan saran kepada pihak Converse berdasarkan nilai rekapitulasi yang berada dibawah rata-rata yang diberikan responden pada indikator penilaian, yaitu menyediakan lebih banyak outlet diberbagai daerah Indonesia, menambah varian produk seperti model
maupun warna produk, memperbaiki sistem kasir dan pramuniaga dengan menyediakan kembalian uang kecil serta pemberian informasi yang lebih terkait produk Converse, menawarkan kartu member yang memberikan diskon special dan pemberian informasi terbaru terkait produk, perataan outlet yang dapat menukarkan produk yang tidak sesuai, dan memperbaiki pengalaman penggunaan produk agar sesuai dengan ekspetasi mereka.
Kata Kunci: Citra Merek, Kepercayaan Merek, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | Users 162 not found. |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 01:58 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 08:27 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7945 |
Actions (login required)
View Item |