Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Student Engagement dengan prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro di Era Pandemi

Hadiati, Alivia Desty and Widayanti, Costrie Ganes (2022) Hubungan antara Student Engagement dengan prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro di Era Pandemi. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img] Text
Abstrak_Alivia Desty Hadiati_15000118120050.pdf

Download (206kB)

Abstract

Keberhasilan pembelajaran di tahun pertama pada jenjang perguruan tinggi, dapat dipengaruhi oleh seberapa besar student engagement yang ditunjukan baik di dalam maupun luar kelas. Namun adanya perubahan pembelajaran di era pandemi COVID-19 dari model pembelajaran face to face (tatap muka) berubah menjadi daring menghadirkan tantangan tersendiri bagi mahasiswa tahun pertama. Mahasiswa tahun pertama yang dapat mengatasi hambatan yang ada, dapat mendorong dirinya untuk meningkatkan kinerja dalam proses perkuliahan dan terhindar dari prokrastinasi terhadap tugas yang diterima. Penelitian dimaksudkan untuk menguji hubungan student engagement dan prokrastinasi akademik di era pandemi pada mahasiswa tahun pertama di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Dari total populasi sebanyak 362 mahasiswa di tahun pertama, 190 mahasiswa dijadikan sampel penelitian dengan teknik simple random sampling. Alat ukur yang digunakan berupa skala student engagement (α = 0,884, 23 aitem), dan skala prokrastinasi akademik (α = 0,921, 20 aitem). Data yang diperoleh dari pengukuran dianalisis dengan SPSS versi 23.0 menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian terbukti terdapat korelasi yang signifikan dengan arah hubungan negatif antara student engagement dan prokrastinasi akademik saat era pandemi pada mahasiswa Psikologi tahun pertama di Universitas Diponegoro (rxy = -0,537, p = 0,000). Semakin positif student engagement maka semakin rendah prokrastinasi akademik yang dilakukan saat proses pembelajaran. Sumbangan efektif student engagement terhadap prokrastinasi akademik sebesar 28,9%.

Kata kunci: student engagement, prokrastinasi akademik, mahasiswa tahun pertama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:40
Last Modified: 18 Jan 2024 04:40
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7779

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item