Search for collections on Undip Repository

FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KESIAPAN SISWA KELAS 12 SMA SWASTA DI BOGOR TENGAH DALAM MENGHADAPI METODE HYBRID LEARNING

PUTRI, FELICIA NATHANIA KRISNA (2022) FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KESIAPAN SISWA KELAS 12 SMA SWASTA DI BOGOR TENGAH DALAM MENGHADAPI METODE HYBRID LEARNING. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO FELICIA.pdf - Published Version

Download (18kB)

Abstract

Situasi pandemi Covid-19 mengakibatkan perubahan metode pembelajaran bagi seluruh siswa di dunia, khususnya di Indonesia. Perubahan metode pembelajaran bagi siswa dapat mempengaruhi kesiapan siswa dalam menghadapi metode pembelajaran yang baru dan dapat disebabkan oleh banyak faktor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling, dan metode analisis data yang digunakan adalah uji chi-square. Sampel penelitian ini berjumlah 105 siswa kelas 12 yang bersekolah di SMA Swasta di Kecamatan Bogor Tengah. Hasil uji analisis penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pengetahuan (p value: 0,017), sikap (p value:0,049), dan dukungan eksternal (p value: 0,028) berhubungan dengan kesiapan siswa dalam menghadapi metode Hybrid Learning. Sedangkan variabel persepsi dan sarana prasarana tidak berhubungan dengan kesiapan siswa dalam menghadapi metode Hybrid Learning (p value>0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara pengetahuan, sikap, dan dukungan eksternal dengan kesiapan siswa dalam menghadapi metode Hybrid Learning. Peneliti menyarankan kepada pihak sekolah untuk meningkatkan sarana prasarana serta persepsi para siswa dalam menghadapi metode Hybrid Learning.

Kata kunci: Kesiapan, Siswa SMA, Hybrid Learning, Bogor

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 27 Jan 2022 02:33
Last Modified: 27 Jan 2022 02:33
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/5121

Actions (login required)

View Item View Item