NABILA, Nabila (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PERILAKU BERUTANG DALAM PEMBELIAN MERCHANDISE KOREAN POP DARI PERSPEKTIF ISLAM (STUDI PADA KPOPERS DI JABODETABEK). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
![]() |
Text (Cover)
1._S___Cover___12020217140010.pdf - Published Version Download (421kB) |
![]() |
Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12020217140010.pdf - Published Version Download (520kB) |
![]() |
Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12020217140010.pdf - Published Version Download (415kB) |
![]() |
Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12020217140010.pdf - Published Version Download (433kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12020217140010.pdf - Published Version Download (659kB) |
![]() |
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks__12020217140010.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Fenomena Hallyu, atau gelombang demam Korea, telah menyebar secara
global selama sepuluh tahun terakhir. Pertumbuhan industry hiburan Korea,
terutama musik pop Korea (K-pop), telah mencapai skala interansional, termasuk
di Indonesia. Penggemar K-pop, atau K-popers tidak hanya menggemari K-pop,
tetapi juga membeli merchandise K-pop hingga berutang. Tujuan penelitian ini
adalah untuk menganalisis pengaruh gaya hidup, perilaku pembelian kompulsif,
religiositas, dan literasi keuangan syariah terhadap perilaku berutang dalam
pembelian merchandise K-pop.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi
linear berganda menggunakan alat analisis SPSS versi 25. Teknik pengambilan
sampel dilakukan dengan purposive sampling, dan metode pengumpulan data
dilakukan dengan menyebar kuesioner. Sampel penelitian ini adalah 145 Kpopers
muslim yang pernah membeli merchandise K-pop dan tinggal di Jabodetabek.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel, gaya hidup, perilaku
pembelian kompulsif, religiositas, dan literasi keuangan syariah, berpengaruh
secara simultan dan parsial terhadap perilaku berutang dalam pembelian
merchandise K-pop, kecuali variabel religiositas. Religiositas tidak memiliki
pengaruh terhadap perilaku berutang dalam pembelian merchandise K-pop.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gaya hidup, perilaku pembelian kompulsif, religiositas, literasi keuangan syariah, perilaku berutang, K-pop |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Islamic Economics |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Islamic Economics |
Depositing User: | Mr Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 14 Mar 2025 03:56 |
Last Modified: | 14 Mar 2025 03:56 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/30173 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |