Search for collections on Undip Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PERILAKU BERUTANG DALAM PEMBELIAN MERCHANDISE KOREAN POP DARI PERSPEKTIF ISLAM (STUDI PADA KPOPERS DI JABODETABEK)

NABILA, Nabila (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PERILAKU BERUTANG DALAM PEMBELIAN MERCHANDISE KOREAN POP DARI PERSPEKTIF ISLAM (STUDI PADA KPOPERS DI JABODETABEK). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
1._S___Cover___12020217140010.pdf - Published Version

Download (421kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12020217140010.pdf - Published Version

Download (520kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12020217140010.pdf - Published Version

Download (415kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12020217140010.pdf - Published Version

Download (433kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12020217140010.pdf - Published Version

Download (659kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks__12020217140010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Fenomena Hallyu, atau gelombang demam Korea, telah menyebar secara
global selama sepuluh tahun terakhir. Pertumbuhan industry hiburan Korea,
terutama musik pop Korea (K-pop), telah mencapai skala interansional, termasuk
di Indonesia. Penggemar K-pop, atau K-popers tidak hanya menggemari K-pop,
tetapi juga membeli merchandise K-pop hingga berutang. Tujuan penelitian ini
adalah untuk menganalisis pengaruh gaya hidup, perilaku pembelian kompulsif,
religiositas, dan literasi keuangan syariah terhadap perilaku berutang dalam
pembelian merchandise K-pop.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi
linear berganda menggunakan alat analisis SPSS versi 25. Teknik pengambilan
sampel dilakukan dengan purposive sampling, dan metode pengumpulan data
dilakukan dengan menyebar kuesioner. Sampel penelitian ini adalah 145 Kpopers
muslim yang pernah membeli merchandise K-pop dan tinggal di Jabodetabek.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel, gaya hidup, perilaku
pembelian kompulsif, religiositas, dan literasi keuangan syariah, berpengaruh
secara simultan dan parsial terhadap perilaku berutang dalam pembelian
merchandise K-pop, kecuali variabel religiositas. Religiositas tidak memiliki
pengaruh terhadap perilaku berutang dalam pembelian merchandise K-pop.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: gaya hidup, perilaku pembelian kompulsif, religiositas, literasi keuangan syariah, perilaku berutang, K-pop
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Islamic Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Islamic Economics
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 14 Mar 2025 03:56
Last Modified: 14 Mar 2025 03:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/30173

Actions (login required)

View Item View Item