Search for collections on Undip Repository

ANALISIS DETERMINAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENYALURKAN ZAKAT MELALUI PLATFORM CROWDFUNDING SOSIAL

ZULKARNAYN, Iman Maula (2024) ANALISIS DETERMINAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENYALURKAN ZAKAT MELALUI PLATFORM CROWDFUNDING SOSIAL. Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
1._S___Cover___12020220130093.pdf - Published Version

Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12020220130093.pdf - Published Version

Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Inggris_(Indonesia)___12020220130093.pdf - Published Version

Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12020220130093.pdf - Published Version

Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka__12020220130093.pdf - Published Version

Download (3MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12020220130093.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Zakat merupakan salah satu instrumen keuangan islam yang berpotensi
untuk mengurangi angka kemiskinan serta memperkecil kesenjangan. Indonesia
memiliki potensi untuk mengumpulkan dana zakat sebesar 327 triliun rupiah pertahun. Akan tetapi, realisasi pengumpulan dana zakat di Indonesia hanya berkisar
antara 2,4% hingga 9,7% dari potensi yang ada. Fenomena ini terjadi karena
teknologi platfrom crowdfunding sosial belum dimanfaatkan secara luas dan
maksimal dalam pengumpulan dana zakat.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh performace
expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating condition, Literasi
Zakat, dan religiositas terhadap niat penggunaan platform crowdfunding sosial
untuk menyalurkan zakat. Penelitian ini menggunakan data sampel 188 muzakki
yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Data dikumpulkan dengan
mendistribusikan kuesioner secara online. Data penelitian kemudian diolah
menggunakan alat statistik Structural Equation Model Partial Least Square
(SEM-PLS) serta melalui uji outer model dan uji inner model.
Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa variabel performace
expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating condition, literasi
zakat, dan religiositas memilki pengaruh posiif dan signifikan terhadap niat
penggunaan platform crowdfunding sosial untuk menyalurkan zakat. Penelitian ini
memberikan perspektif baru mengenai kajian kuantitatif tentang zakat digital serta
perilaku para muzakki, khususnya di Indonesia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Conditions, Literasi zakat, dan Religiositas.
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Islamic Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Islamic Economics
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 27 Feb 2025 02:04
Last Modified: 27 Feb 2025 02:04
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/29692

Actions (login required)

View Item View Item