ANNISA, TIARA (2024) PENGARUH TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT DAN TINGKATAN WORD OF MOUTH (WOM) MENGENAI 3R TERHADAP MINAT BERLANGGANAN PROGRAM 3R DI TPS 3R PEDALANGAN BERSINAR. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
![]() |
Text
cover.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
![]() |
Text
TIARA ANNISA_SKRIPSI_BAB 1.pdf - Submitted Version Download (425kB) |
![]() |
Text
TIARA ANNISA_SKRIPSI_BAB 2.pdf - Submitted Version Download (118kB) |
![]() |
Text
TIARA ANNISA_SKRIPSI_BAB 3.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
![]() |
Text
TIARA ANNISA_SKRIPSI_BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
![]() |
Text
TIARA ANNISA_SKRIPSI_BAB 5.pdf - Submitted Version Download (8kB) |
![]() |
Text
TIARA ANNISA_SKRIPSI_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (81kB) |
![]() |
Text
TIARA ANNISA_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
Abstract
Indonesia menghadapi krisis pengelolaan sampah dengan hanya 65,71% dari 21,1
juta ton sampah nasional pada 2022 yang berhasil dikelola. Untuk mengatasi hal
ini, pemerintah meluncurkan program TPS 3R (Reduce, Reuse, Recycle) berbasis
masyarakat. Namun, evaluasi hingga Oktober 2023 menunjukkan hanya dua TPS
3R yang berfungsi optimal di Jawa Tengah, dengan 25 lainnya kurang optimal. TPS
3R Pedalangan Bersinar adalah salah satu yang optimal dan rutin mengadakan
sosialisasi 3R untuk mengedukasi masyarakat dan meningkatkan pelanggan.
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh tingkat pengetahuan masyarakat
dan tingkatan word of mouth (WOM) terhadap minat berlangganan program 3R di
TPS 3R Pedalangan Bersinar. Data dikumpulkan melalui kuesioner dari 46
responden yang mengikuti sosialisasi di RW 1 Kelurahan Pedalangan dengan
pendekatan kuantitatif dan metode eksplanatori. Hasil regresi linier berganda
menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat dan WOM berpengaruh
positif signifikan terhadap minat berlangganan program 3R, dengan nilai
signifikansi 0,000 < 0,001 untuk kedua variabel. Temuan ini menyimpulkan bahwa
semakin tinggi pengetahuan dan tingkatan WOM, semakin tinggi minat
berlangganan.
Kata kunci: tingkat pengetahuan, word of mouth, minat berlangganan, TPS 3R
249_KOM_2024
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 07:31 |
Last Modified: | 30 Dec 2024 07:31 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/28805 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |