Ristiawan Putra, Raden Alif (2024) EFEKTIVITAS PELAYANAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI DINAS PENDIDIKAN KOTA BEKASI. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
Raden Alif Ristiawan Putra_Cover - Raden Alif.pdf - Published Version Download (674kB) |
|
Text
Raden Alif Ristiawan Putra_BAB I - Raden Alif.pdf - Published Version Download (617kB) |
|
Text
Raden Alif Ristiawan Putra_BAB II - Raden Alif.pdf - Published Version Download (686kB) |
|
Text
Raden Alif Ristiawan Putra_BAB III - Raden Alif.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (783kB) |
|
Text
Raden Alif Ristiawan Putra_BAB IV - Raden Alif.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
|
Text
Raden Alif Ristiawan Putra_Daftar Pustaka - Raden Alif.pdf - Published Version Download (160kB) |
|
Text
Raden Alif Ristiawan Putra_Lampiran - Raden Alif.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (953kB) |
Abstract
Efektivitas pelayanan penerimaan peserta didik baru secara online di Dinas Pendidikan Kota Bekasi masih dilaporkan belum efektif. PPDB online merupakan suatu sistem teknologi informasi yang dirancang untuk pelaksanaan PPDB secara online, yang dimulai dari pendataan, prapendaftaran, verifikasi, pendaftaran, seleksi, pengumuman hasil seleksi yang dilakukan dengan objektif, transparan, dan akuntabel. Namun, dalam pelaksanaannya terdapat masalah-masalah dalam produksi, efisiensi, dan kepuasan dalam pelayanan PPDB secara online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelayanan penerimaan peserta didik baru secara online di Dinas Pendidikan Kota Bekasi dan menganalisis faktor-faktor yang mendorong dan menghambat efektivitas pelayanan penerimaan peserta didik baru secara online di Dinas Pendidikan Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelayanan penerimaan peserta didik baru secara online sudah dapat dikatakan efektif namun tidak secara keseluruhan. Masih terdapat masalah titik koordinat yang belum berjalan dengan maksimal karena menggunakan aplikasi peta yang bukan milik instansi sehingga tidak dapat dikontrol dengan maksimal. Adapun faktor efektivitas pelayanan yang memperkuat, yaitu SDM berpengalaman, sistem real-time, dan sarana server serta provider yang memadai. Selain itu, terdapat faktor efektivitas pelayanan yang menghambat yaitu miskomunikasi masyarakat, media sosialisasi yang kurang relevan, dan sarana penentuan titik yang tidak bisa dikontrol langsung
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration |
Depositing User: | Endang Suprihatin |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 07:50 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 07:50 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/26319 |
Actions (login required)
View Item |