Search for collections on Undip Repository

DETERMINAN MINAT GENERASI MUDA DI JAWA TENGAH UNTUK MENGGUNAKAN APLIKASI BANK DIGITAL SYARIAH “HIJRA BANK”

KHAIRUNISA, Amalia Sabrina (2024) DETERMINAN MINAT GENERASI MUDA DI JAWA TENGAH UNTUK MENGGUNAKAN APLIKASI BANK DIGITAL SYARIAH “HIJRA BANK”. Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
1._S___Cover___12020219130096.pdf - Published Version

Download (340kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12020219130096.pdf - Published Version

Download (317kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12020219130096.pdf - Published Version

Download (334kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12020219130096.pdf - Published Version

Download (453kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12020219130096.pdf - Published Version

Download (433kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12020219130096.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Perbankan syariah menoreh rapor hijau pada masa pandemi covid-19
karena resisten dan bahkan mencetak prestasi pada peningkatan aset, dana
pihak ketiga, dan di sisi pembiayaan. Namun kondisi ini tidak sejalan dengan
literasi dan inklusi keuangan syariah di Indonesia yang masih tertinggal jauh
dengan perbankan konvensional. Belum cukup untuk bersaing dengan
perbankan konvensional, di era disrupsi digital hadirnya fintech berpotensi
menjadi pesaing bagi perbankan syariah. Oleh karena itu perlu adanya
inovasi dari segi produk dan peningkatan kualitas layanan pada perbankan
syariah. Pada penelitian ini akan menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi intention to use atau minat untuk menggunakan aplikasi bank
digital syariah “Hijra Bank” pada generasi milenial dan Z di Jawa Tengah.
Pengumpulan data primer dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara
online menggunakan pendekatan purposive sampling, yaitu generasi milenial
dan Z beragama Islam di Jawa Tengah yang telah memiliki pengalaman dan
sedang menggunakan layanan mobile banking dan mengetahui konten
promosi dari Hijra Bank.
Data yang terkumpul diukur menggunakan skala likert dan dianalisis
menggunakan metode Partial Least Square (PLS-SEM) dengan software
SmartPLS 3.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif
dan signifikan dari seluruh variabel yaitu fleksibilitas, fitur produk, Social
media influencer, perceived risk, dan digital lifestyle. Dengan tingkat
pengaruh sedang terhadap intention to use (minat untuk menggunakan)
aplikasi bank digital syariah Hijra Bank. Hasil pengujian menyimpulkan
bahwa variabel Social media influencer dapat dijadikan acuan utama dalam
pengembangan produk sehingga Hijra Bank dapat secara lebih spesifik untuk
mengkurasi Social media influencer yang memiliki pengaruh besar dengan
engagement akun yang besar dan tentunya berimage baik dan antusias
dengan gaya hidup Islami.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Fleksibilitas, fitur produk, social media influencer, perceived risk, digital lifestyle, bank digital syaria
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Islamic Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Islamic Economics
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 04 Sep 2024 03:29
Last Modified: 04 Sep 2024 03:29
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/26303

Actions (login required)

View Item View Item