Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PEMASARAN HIJAU, PEMASARAN SOSIAL PERUSAHAAN, DAN KEINOVATIFAN PRODUK HIJAU TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PRODUK LE MINERALE DI KOTA SEMARANG)

PUTRI, Razki Syafta Aulia (2024) PENGARUH PEMASARAN HIJAU, PEMASARAN SOSIAL PERUSAHAAN, DAN KEINOVATIFAN PRODUK HIJAU TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PRODUK LE MINERALE DI KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam beberapa dekade terakhir, terjadi pertumbuhan yang signifikan
dalam pasar global makanan kemasan, mencapai nilai $1,9 triliun pada tahun
2020 dan diestimasi akan mencapai $3,4 triliun pada tahun 2030. Plastik, yang
menjadi dominan dalam kemasan makanan, berkontribusi sekitar 40% dari total
penggunaan plastik global. Le Minerale, merek air mineral yang berkomitmen
pada praktik berkelanjutan, mengadopsi inovasi pemasaran hijau dengan
menggunakan bahan kemasan yang dapat didaur ulang, menyediakan tempat daur
ulang, dan meluncurkan galon bebas BPA, berperan dalam solusi global untuk
mengurangi dampak lingkungan dari keasan plastik. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh pemasaran hijau, pemasaran sosial perusahaan, dan
keinovatifan produk hijau terhadap keputusan pembelian dengan citra merek
sebagai variabel intervening.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 173 warga
berdomisili Kota Semarang yang pernah mengonsumsi produk Le Minerale.
Metode penelitian ini menggunakan analisis Structural Equation Model (SEM)
dengan AMOS sebagai alat pengolahan data.
Hasil uji menemukan bahwa pemasaran hijau berpengaruh positif terhadap
citra merek, pemasaran hijau berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian,
pemasaran sosial perusahaan berpengaruh positif terhadap citra merek, pemasaran
sosial perusahaan berpengaruh terhadap positif keputusan pembelian, keinovatifan
produk hijau berpengaruh positif terhadap citra merek, dan keinovatifan produk
hijau berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian. Hasil AMOS
menunjukan bahwa pemasaran hijau memiliki pengaruh tidak langsung terhadap
keputusan pembelian melalui citra merek, pemasaran sosial perusahaan memiliki
pengaruh tidak langsung terhadap keputusan pembelian melalui citra merek, dan
keinovatifan produk hijau memiliki pengaruh tidak langsung terhadap keputusan
pembelian melalui citra merek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Hijau, Pemasaran Sosial Perusahaan, Keinovatifan Produk Hijau, Citra Merek, Keputusan Pembelian.
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Users 243 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:48
Last Modified: 03 Sep 2024 06:48
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/26276

Actions (login required)

View Item View Item