Simanjuntak, Rotua (2024) PREFERENSI KONSUMEN ANTARA PADA BUNGA POTONG KRISAN (Chrysanthemum sp.) DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
Bagian 1.pdf Download (496kB) |
![]() |
Text
Bagian 2.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
Bagian 3.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
Bagian 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bagian 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bagian 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bagian 7.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pemahaman preferensi konsumen berdasarkan pada atribut-atribut Bunga Krisan diperlukan agar pelaku usaha dapat memenuhi permintaan pasar dengan lebih efektif. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis atribut terpenting Bunga
Krisan, menganalisis kombinasi atribut yang menjadi preferensi konsumen, dan menganalisis perbedaan preferensi konsumen antara florist dan usaha dekorasi dalam menentukan urutan kepentingan dari atribut bunga potong Krisan di Kota Semarang. Penelitian dilaksanakan pada Desember 2023 – Januari 2024, berlokasi di Kota Semarang, yang dipilih karena minat peminat yang cukup besar terhadap bunga potong Krisan, sementara Provinsi Jawa Tengah dikenal sebagai produsen terbesar kedua di Indonesia. Metode pengambilan sampel florist menggunakan
teknik simple random sampling dengan populasi sebanyak 90 toko dari data DPMPTSP Kota Semarang, kemudian diambil 50 responden. Sampel usaha dekorasi dilakukan melalui purposive sampling dan snowball sampling, sebanyak 50 responden. Analisis data yang digunakan ialah deskriptif, Konjoin, dan uji beda. Pembuatan stimuli dengan orthogonal design menghasilkan 16 kombinasi yang dapat mewakili seluruh stimuli. Hasil analisis Konjoin menunjukkan bahwa florist lebih menyukai Krisan putih dengan diameter bunga besar (≥ 7 cm), spray, panjang tangkai > 70 cm, tingkat kemekaran bunga 50%–75% kuncup, dan dekoratif. Sementara usaha dekorasi lebih menyukai Krisan merah muda dan putih dengan
diameter bunga besar (≥ 7 cm), spray, tingkat kemekaran bunga 100% (mekar penuh), dan dekoratif. Atribut terpenting bagi konsumen antara florist dalam pembelian bunga potong Krisan adalah jenis bunga, sementara atribut terpenting
bagi konsumen antara usaha dekorasi adalah warna bunga. Uji perbedaan MannWhitney U Test membuktikan perbedaan signifikan preferensi konsumen antara florist dan usaha dekorasi terkait dengan atribut. Kata kunci: Atribut Krisan, Analisis Konjoin, konsumen antara, Mann-Whitney U Test.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Atribut Krisan, Analisis Konjoin, konsumen antara, Mann-Whitney U Test. |
Subjects: | Animal and Agricultural Sciences |
Divisions: | Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness |
Depositing User: | User Agribisnis |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 04:07 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 04:07 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25819 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |